Cawapres Gibran Rakabuming Raka Absen dalam Kampanye di Kediri

Jurnalis: Isa Anshori
Editor: Mustopa

6 Februari 2024 12:05 6 Feb 2024 12:05

Thumbnail Cawapres Gibran Rakabuming Raka Absen dalam Kampanye di Kediri Watermark Ketik
Masyarakat Kediri saat menghadiri pesta rakyat kampanye Cawapres no. 2 Gibran Rakabuming Raka di Lapangan Ngronggo Kediri, Senin (5/2/2024). (foto : isa/Ketik.co.id).

KETIK, KEDIRI – Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 02, Gibran Rakabuming Raka absen dalam kampanye di Kediri. Padahal sebelumnya beredar luas dan viral di media sosial rencana kedatangan putra sulung Presiden Joko Widodo di Lapangan Ngronggo Kota Kediri pada Senin (5/2/2024) malam. 

Absennya Gibran dikonfirmasi oleh Ketua Bawaslu Kota Kediri, Yudi Agung Nugraha. Dia menyebut, dari informasi yang diterimanya, Gibran dipastikan tidak akan menghadiri kampanye tersebut. 

"Tidak ada surat pemberitahuan. Konfirmasi ke Ketua Gerindra Kediri katanya tidak bisa hadir," kata Yudi usai mengkonfirmasi kepada Tim Kampanye Daerah (TKD) atas ketidakhadiran Gibran di acara itu. 

Kendati demikian, Yudi telah berkoordinasi dengan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) baik di tingkat kecamatan dan kelurahan/desa setempat untuk melakukan pengawasan di acara tersebut. 

Beberapa bintang tamu dalam acara bertajuk pesta rakyat itu di antaranya Mala Agatha, Irene Ghea hingga pelawak Cak Percil. 

Sementara itu, Ketua Partai Gerindra Kota Kediri yang juga Ketua TKD, Katino membenarkan rencana awal kedatangan Cawapres Gibran Rakabuming Raka. Namun, saat acara dimulai dia belum mendapat informasi atas kedatangan Gibran dari TKN Provinsi maupun Pusat.

"Kalaupun belum bisa hadir, kemarin sudah disiapkan zoom untuk menyapa masyarakat," katanya. 

Disinggung soal alasan batalnya kedatangan Gibran, Katino mengungkapkan dalam waktu dekat ini ada agenda kampanye yang bersamaan di sejumlah daerah, termasuk di Jawa Timur.

Selain itu, Mitos Kediri wingit yang dipercaya oleh sebagian pejabat negara apabila datang ke Kediri dengan niat buruk akan langsung terkena karma, entah itu tersandung kasus atau lengser dari jabatan juga menjadi alasan ketidakhadiran Gibran ke Kota Tahu ini.

"Ya mungkin faktor dari mitos itu ada juga. Dan kalau melihat jadwal di TKN baru keluar kemarin, termasuk ke Kota Kediri. Kemudian tanggal 7 ini ada di Gelora Delta Sidoarjo. Mungkin. Jatim nya memilih di Sidoarjo," ungkapnya.(*)

Tags:

Gibran Rakabuming Raka kampanye Kediri Gibran ke Kediri kediri pesta rakyat Kediri