Cegah Kenakalan Remaja, Dosen Unusa Ajarkan Pola Hidup Sehat Berbasis Al-Qur'an

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: Mustopa

23 Juni 2024 02:15 23 Jun 2024 02:15

Thumbnail Cegah Kenakalan Remaja, Dosen Unusa Ajarkan Pola Hidup Sehat Berbasis Al-Qur'an Watermark Ketik
M Ikhwan menjelaskan pola hidup sehat menurut Al Quran kepada remaja, Sabtu (22/6/2024). (Foto: Khaesar/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Untuk mencegah terjadinya kenakalan remaja yang kerap meresahkan masyarakat di Surabaya, Dosen Pendidikan Agama Islam dari Fakultas Keperawatan dan Kebidanan (FKK) Unusa Moch Ikhwan tergerak untuk membuat pengabdian masyarakat.

Pengabdian ini mengangkat tema pola hidup sehat jasmani berbasis Al-Qur'an. Peserta edukasi terdiri dari remaja panti asuhan Al Jihad Surabaya.

"Banyaknya kenakalan remaja ini yang membuat kami tergerak untuk melakukan gerakan agar remaja ini untuk hidup sehat sesuai dengan ajaran Al-Qur'an," ucap Ikhwan, Sabtu (22/6/2024).

Ikhwan menjelaskan, banyak remaja saat ini meluapkan emosi dengan prilaku yang tidak sehat seperti minum-minuman keras. "Hal ini yang membuat merusak tubuh kita karena adanya makanan maupun minuman tidak sehat," terangnya.

Mereka juga tidak melakukan pola hidup sehat seperti banyak begadang dan minum-minuman keras. "Dengan pola hidup seperti itu bisa merugikan mereka semua," bebernya.

Menurutnya, menjaga pola hidup sehat juga harus diimbangi dengan olahraga. "Olahraga itu bisa menyehatkan tubuh karena otot tubuh kita harus sering digerakkan untuk olahraga," jelas Ikhwan.

Ikhwan menjelaskan beberapa olahraga yang diajurkan oleh Nabi Muhammad Saw seperti memanah, berenang dan berkuda.

"Semua olahraga ini bisa membantu menyehatkan tubuh dan pikiran seperti memanah kita diajarkan untuk fokus agar tepat sasaran kalau berenang dan berkuda otot semua bergerak," jelasnya.(*)

Tags:

Pola hidup sehat menurut al quran Pengabdian Masyarakat Unusa panti Asuhan Al Jihad Surabaya