Cegah Penyelundupan, Polairud Polres Situbondo Gelar Operasi di Pelabuhan Jangkar

Jurnalis: Adinda Octaviani
Editor: Heru Hartanto

12 Juni 2024 12:45 12 Jun 2024 12:45

Thumbnail Cegah Penyelundupan, Polairud Polres Situbondo Gelar Operasi di Pelabuhan Jangkar Watermark Ketik
Kasatpolairud Polres Situbondo AKP Gede Sukarmadiyasa pimpin langsung operasi Pekat Semeru 2024 di Pelabuhan Jangkar Situbondo, Rabu (12/06/2024) (Foto : Adinda Octaviani / ketik.co.id)

KETIK, SITUBONDO – Operasi Sikat Semeru 2024, Satpolairud Polres Situbondo melaksanakan razia atau melaksanakan pemeriksaan kendaraan dan barang yang akan menyeberang ke Pulau Raas Madura melalui Pelabuhan Jangkar, Kabupaten Situbondo, Rabu (12/06/2024).

“Personel Satpolairud melakukan pemeriksaan semua kendaraan yang boarding pas di area Pelabuhan Jangkar Situbondo. Tidak hanya barang bawaan yang diperiksa, akan tetapi surat kendaraan juga diperiksa,” Kapolres Situbondo AKBP Dwi Sumrahadi Rahkmanto, SIK, SH, MH melalui Kasatpolairud Polres Situbondo AKP Gede Sukarmadiyasa, S.H, M.H.

Lebih lanjut, AKP Gede Sukarmadiyasa mengatakan Satpolairud melaksanakan kegiatan pencegahan aksi kriminalitas dalam rangka Operasi Sikat Semeru 2024 khususnya di wilayah perairan dan pelabuhan guna mewujudkan Kamtibmas yang kondusif.

Di pintu masuk Pelabuhan Jangkar, kata AKP Gede Sukarmadiyasa, semua kendaraan pickup dan truk yang memuat barang-barang paket maupun sembako dilakukan pemeriksaan karena dikawatirkan membawa barang barang terlarang dan atau ilegal.

“Beberapa barang atau paket yang telah terbungkus dus dan Styrofoam yang diangkut kendaraan pickup juga di buka guna memastikan bahwa barang tersebut legal dan tidak berbahaya,” jelas Kasat Polairud Polres Situbondo.

Tidak hanya di lokasi boarding pass yang dilakukan pengecekan kendaraan namun, lanjut AKP Gede Sukarmadiyasa, kendaraan yang akan masuk ke kapal atau di rampdoor kapal juga dihentikan dan diperiksa serta pencocokan tiket dengan identitas penumpangnya, hal ini dilakukan untuk penertiban manifest penumpang dan kendaraan atau barang.

"Saat ini masih berlangsung operasi Sikat Semeru 2024 dengan sasaran operasi penyelundupan dan pencurian di wilayah perairan dan pelabuhan. Maka untuk antisipasi hal tersebut kita melaksanakan pemeriksaan di Pelabuhan Jangkar Situbondo yang melibatkan pihak ASDP dan TNI AL,” pungkas AKP Gede Sukarmadiyasa.

Dilain pihak, Hery selaku Karyawan ASDP menerangkan dengan adanya operasi ini, pihaknya sangat terbantu, sehingga di Pelabuhan Jangkar zero tindak pidana dan situasi menjadi aman dan kondusif.

"Kami dari pihak ASDP Pelabuhan Jangkar Situbondo sangat mendukung kegiatan Operasi Sikat Semeru yang digelar Polres Situbondo untuk mencegah aksi kriminalitas di wilayah pelabuhan," tuturnya. (*)

Tags:

cegah Penyelundupan Satpolairud Polres Situbondo Gelar Operasi Pekat Semeru 2024 Situbondo Terkini Situbondo Hari Ini