Cerita Irdam IV/Diponegoro Laksanakan Pendampingan Wapres RI: Perlu Kecermatan, Ketepatan dan Kewaspadaan

Jurnalis: Wandi Ruswannur
Editor: M. Rifat

29 Januari 2024 00:15 29 Jan 2024 00:15

Thumbnail Cerita Irdam IV/Diponegoro Laksanakan Pendampingan Wapres RI: Perlu Kecermatan, Ketepatan dan Kewaspadaan Watermark Ketik
Irdam IV/Diponegoro Brigjen TNI Yudhi Pranoto sambut Wapres RI di Bandara Jenderal Ahmad Yani, pada Sabtu (27/01/2024) (Foto: Kodam IV/Diponegoro)

KETIK, SEMARANG – Ada sebuah cerita kesigapan dari Irdam IV/Diponegoro, Brigjen TNI Yudhi Pranoto, S.H., M.M., perihal kegiatannya melaksanakan pendampingan pengamanan VVIP Kodam IV/Dipinegoro.

Hal ini ia lakukan dalam rangka Kunjungan Kerja (Kunker) Wakil Presiden RI K.H. Ma’ruf Amin berserta rombongan di wilayah Jateng, tepatnya di Kota Semarang, Kabupaten Rembang dan Kabupaten Pati, pada hari Sabtu (27/01/2024).

Brigjen TNI Yudhi Pranoto, S.H., M.M., mengatakan selama dua hari di Jateng, pada hari pertama kunjungan kerja Wapres RI meninjau Rumah Sakit K.R.M.T Wongsonegoro, Jalan Fatmawati Nomor 1, Mangunharjo, Tembalang, Kota Semarang, guna mengecek secara langsung pelayanan Kesehatan Terpadu kepada masyarakat.

"Selanjutnya Wapres RI juga melakukan kunjungan ke Kabupaten Rembang guna menghadiri Haul ke-52 K.H. Ma’shoem Ahmad dan Harlah Ke-101 Nahdlatul Ulama (NU) di Pondok Pesantren Kauman Lasem, Desa Mahbong, Karangturi. Dilanjutkan ziarah ke Makam Mbah Mutamakkin dan silaturahmi dengan para Ulama di Kabupaten Pati yang digelar di Pondok Pesantren Maslakul Huda, Kajen, Margoyoso," katanya.

Dirinya menyampaikan, bahwa setiap tugas pengamanan VVIP yang dilaksanakan oleh Kodam IV/Diponegoro adalah merupakan tugas utama yang memerlukan kecermatan, ketepatan dan kewaspadaan tinggi dari seluruh unsur personel yang terlibat.

"Tugas ini tidak boleh dianggap sebagai sebuah tugas rutinitas, karena segala bentuk kerawanan ancaman akan sangat mungkin terjadi bila kita lengah dalam bertugas. Seluruh prajurit harus fokus terhadap segala hal teknis dan taktis sehingga semuanya siap bilamana terjadi situasi khusus," tegasnya.

Pendampingan yang ia laksanakan tersebut adalah bertujuan untuk memastikan bahwa seluruh personel yang terlibat pengamanan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya. 

"Keamanan dan kelancaran agenda kunjungan kerja Wapres RI di wilayah Jateng juga menjadi tanggungjawab Kodam IV/Diponegoro sebagai satuan pengamanan VVIP," pungkasnya.

Sebagai informasi, pada kunjungan kerja kali ini, Wapres RI K.H. Ma'ruf Amin didampingi Ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin, Kepala Sekretariat Wakil Presiden, Ahmad Erani Yustika, dan Deputi Bidang Administrasi Sapto Harjono Wahjoe Sedjati.

Lalu, Staf Khusus Wapres Masduki Baidlowi, Masykuri Abdillah, Robikin Emhas, Zumrotul Mukaffa, Tim Ahli Wapres Farhat Brachma dan Forkopimda Jateng serta pejabat daerah yang lainnya. (*)

Tags:

Kodam IV/Diponegoro Wapres RI kh ma'ruf amin