Cerita Petugas Damkar Tuban Lepas Cincin di Jari Jempol ODGJ

Jurnalis: Ahmad Istihar
Editor: Mustopa

16 Oktober 2023 14:08 16 Okt 2023 14:08

Thumbnail Cerita Petugas Damkar Tuban Lepas Cincin di Jari Jempol ODGJ Watermark Ketik
Korban Samiadi yang di rawat di Puskesmas Tambakboyo, Kabupaten Tuban (16/10/2023)(Foto Ahmad Istihar/Ketik.co.id)

KETIK, TUBAN – Tim Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP dan Damkar) Kabupaten Tuban membantu melepaskan cincin dari jari seorang pria bernama Samiadi.

Pria tersebut merupakan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) yang telah terbaring dua hari di Puskesmas Tambakboyo.

Kasatpol PP dan Damkar Kabupaten Tuban melalui Kepala Bidang Pemadam Kebakaran Sutaji mengatakan bahwa, pihaknya menerima laporan permohonan evakuasi pelepasan cincin di jari jempol sebelah kiri seorang ODGJ.

"Posisi korban dirawat di Puskesmas Tambakboyo sudah 2 hari," terang Sutaji, Senin (16/10/2023) malam.

Sutaji menambahkan, pihak puskesmas telah berusaha untuk mencoba membantu melepaskan, tapo gagal. Pasalnya, cincin dua lapis terbuat dari monel telah tertutup daging jari jempol korban dan lukanya sudah parah.

Foto Petugas Damkar dengan tenaga Puskesmas saat berusaha melepas cincin yang melilit jari jempol ODGJ (16/10/2023) (Foto Ahmad Istihar/Ketik.co.id)Petugas Damkar dengan tenaga Puskesmas saat berusaha melepas cincin yang melilit jari jempol ODGJ (16/10/2023) (Foto Ahmad Istihar/Ketik.co.id)

"Pihak puskesmas meminta bantuan tim damkar untuk membantu evakuasi pelepasan cincin tersebut," imbuhnya 

Sehingga, petugas damkar dengan sabar yang datang untuk melakukan evakuasi memotong cincin menggunakan gerinda mini. Di mana sebelumnya korban diberikan suntik anti bius dan petugas membutuhkan waktu berjam - jam melepas cincin.

"Alhamdulillah, kesabaran serta kolaborasi petugas damkar dengan medis Tambakboyo. Akhirnya cincin itu dapat dilepas," tutupnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

ODGJ DAMKAR Kemanusiaan Kabupaten Tuban Tambakboyo