Cerutu Lokal Jember Rambah Pasar Global, DNT Kembali Ekspor ke Malaysia

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: Mustopa

25 Januari 2024 06:23 25 Jan 2024 06:23

Thumbnail Cerutu Lokal Jember Rambah Pasar Global, DNT Kembali Ekspor ke Malaysia Watermark Ketik
Proses pengepakan ekspor cerutu DNT dikawal Bea Cukai dan Disperindag Jember (22/1/2024) (Foto: Dwipa Nusantara Tobacco)

KETIK, JEMBER – CV Dwipa Nusantara Tobacco (DNT) kembali melakukan ekspor cerutu ke luar negeri untuk yang ketiga kalinya. Sebanyak 72 box cerutu dikirim ke Malaysia pada Senin (22/1/2024) kemarin.

DNT merupakan salah satu dari empat perusahaan cerutu berskala nasional di Jember. 

Chief Executive Officer DNT, Kevin menyampaikan pihaknya tengah fokus memperkenalkan produk cerutu untuk memperluas jangkauan pasar internasional. Jenis cerutu yang ia kirimkan adalah merek andalan, yaitu Joker.

"Tembakau yang kita pakai itu signature dan cita rasa yang khas. Kami optimis potensi pasarnya sangat besar,” jelasnya saat dikonfirmasi Ketik.co.id, Kamis (25/1/2024).

Sebagai perusahaan binaan dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jember, kegiatan ekspor internasional tersebut juga dikawal oleh Bea Cukai setempat. 

Peran Bea Cukai sebagai industrial assistance dan trade facilitator tertuang dalam tiga besaran kegiatan. Yaitu mendukung industri berorientasi ekspor dengan fasilitas kepabeanan, prosedur ekspor yang ramah. Serta mendorong UMKM berpartisipasi dalam kegiatan ekspor dan Global Value Chain.

Kepala Kantor Bea Cukai Jember, Asep Munandar menyampaikan bahwa ekspor dapat memberikan peluang bagi industri dalam negeri untuk memperluas pasar dan tumbuh secara berkelanjutan. 

“Bea Cukai Jember selalu berkomitmen untuk memberikan dukungan bagi industri dalam negeri untuk melaksanakan ekspor salah satunya melalui pemberian sosialisasi dan asistensi ekspor,” ujar Asep, sapaan akrabnya.

Dalam mewujudkan potensi pasar internasional, tidak hanya sinergi kolaborasi dan mendukung perkembangan kearifan lokal daerah saja. Namun perlu komitmen dari perusahaan untuk memperhatikan produk yang dikirimkannya agar sesuai dengan standar internasional. Serta komitmen asistensi Bea Cukai melalui tim Klinik ekspor.

“Bisa merealisasikan ekspor memang bagus. Namun tetap harus memperhatikan kualitas, kuantitas, dan kontinuitas agar hasil yang telah dicapai saat ini dapat terus ditingkatkan,” pungkas Asep.(*)

Tombol Google News

Tags:

Ekspor cerutu Jember tembakau Dwipa Nusantara Tobacco bea cukai
04. Home Sidebar 1
06. Home Sidebar 3 04. Home Sidebar 1