Chris Hipkins Ditetapkan Jadi PM Selandia Baru, Berikut Profilnya

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Rudi

22 Januari 2023 16:49 22 Jan 2023 16:49

Thumbnail Chris Hipkins Ditetapkan Jadi PM Selandia Baru, Berikut Profilnya Watermark Ketik
Potret PM Selandia Baru Chris Hipkins. (Foto: Twitter @chrishipkins) 

KETIK, JAKARTA – Partai Buruh yang berkuasa di Selandia Baru memilih Chris Hipkins untuk menggantikan Jacinda Ardern sebagai pemimpinnya sekaligus perdana menteri ke-41 negara itu. 

Mantan Menteri Covid-19 ini satu-satunya nominasi yang memang digadang-gadang jadi pengganti Jacinda Ardern. 

Hipkins menyebut jabatan Perdana Menteri adalah keistimewaan dan tanggung jawab terbesar dalam hidupnya. 

"Saya bersemangat dan antusias dengan tantangan yang ada di depan," kata Hipkins seperti dilaporkan Channel News Asia

Ardern memilih mundur dan menyatakan "tidak mempunyai kekuatan lagi" untuk memimpin negara. 

Akan tetapi Hipkins mengakui kepemimpinan Ardern. Ardern, kata dia, salah satu perdana menteri terhebat Selandia Baru dan inspirasi bagi perempuan dan anak perempuan di mana pun. 

"Dia menyuarakan orang-orang yang sering diabaikan pada saat tantangan dan dengan sengaja berpolitik dengan cara berbeda," ujarnya. 

Hipkins yang akrab disapa Chippy membangun reputasi atas kompetensinya menangani Covid-19. Dia pun menjadi pemecah masalah bagi Ardern saat menteri kabinet lain mengalami kesulitan.

Hipkins menunjuk Carmel Sepuloni sebagai wakil perdana menterinya.  

Pertama kali terpilih menjadi anggota parlemen pada tahun 2008, dia menjadi sosok yang mewakili respons pemerintah terhadap pandemi. Dia diangkat menjadi menteri kesehatan pada Juli 2020 sebelum menjadi menteri tanggap Covid-19 pada akhir tahun 

Sementara itu, Sepuloni adalah orang Eropa Samoa, Tonga, dan Selandia Baru dan tinggal di Auckland. Dia merupakan sosok yang berkecimpung dalam pengembangan sosial dan ketenagakerjaan dan seni, budaya dan warisan. 

Hipkins mengatakan sisa timnya akan diumumkan nanti. Sebelum Hipkins menjadi perdana menteri, Ardern akan mengajukan pengunduran dirinya kepada perwakilan Raja Charles di Selandia Baru, Gubernur Jenderal Cindy Kiro. Kiro akan menunjuk Hipkins untuk peran tersebut dan dia akan dilantik. Hipkins mengatakan dia akan dilantik pada hari Rabu depan pada 25 Januari 2023. (*)

Tags:

Chris Hipkins
04. Home Sidebar 1
05. Home Sidebar 2
04. Home Sidebar 1