Ciptakan Lingkungan Akademik yang Toleran, Unesa Terpilih sebagai Kampus Kebangsaan

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

17 Juli 2024 21:22 17 Jul 2024 21:22

Thumbnail Ciptakan Lingkungan Akademik yang Toleran, Unesa Terpilih sebagai Kampus Kebangsaan Watermark Ketik
Rektor Unesa Prof Nurhasan saat menerima penghargaan sebagai Kampus Kebangsaan. (Foto: Humas Unesa)

KETIK, SURABAYA – Prestasi gemilang kembali ditorehkan oleh Universitas Negeri Surabaya (Unesa). Terbaru, Unesa dinobatkan sebagai Kampus Kebangsaan dalam HUT ke-14 Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT RI) di Kantor BNPT RI, Bogor pada Selasa (16/07/2024)

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Kepala BNPT Komjen Pol. Prof. Dr. Mohammed Rycko Amelza Dahniel, M.Si kepada Rektor Unesa Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes.

Penghargaan tersebut diberikan kepada Unesa karena selama ini universitas tersebut dipandang telah menciptakan iklim akademik yang damai, toleran, dan anti kekerasan. 

Nurhasan mengatakan sebagai salah satu institusi terkemuka di Jawa Timur, pihaknya senantiasa mengaktualisasikan nilai-nilai kebangsaan dalam kehidupan di kampus. Seperti integrasi nilai kebangsaan dalam perkuliahan dan kegiatan kemahasiswaan seperti seminar, dialog, camp interfaith, serta training kader kebangsaan. 

"Sebagai Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH) Unesa telah menunaikan berbagai hal yang sejalan dengan nilai-nilai Pancasila dan nasionalisme bangsa Indonesia," jelas Nurhasan, Rabu (17/7/2024).

Menurutnya, nilai-nilai yang diajarkan di Unesa selalu selaras dengan Pancasila yang merupakan dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Pihaknya bahkan memiliki Sub-Direktorat khusus yakni Subdit Ideologi, Moderasi Beragama dan Bela Negara.

"Unesa sebagai kampus yang damai, toleran, dan anti-kekerasan akan terus mengawal nilai-nilai kebangsaan baik dalam internal maupun eksternal kampus,” pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Pendidikan Unesa BNPT Nurhasan Kampus Kebangsaan toleran lingkungan akademik