Daripada Anak Hanya Main Gadget, Sekolah Citra Berkat Latih Anak Terjun ke E-Sport

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Mustopa

26 November 2023 11:51 26 Nov 2023 11:51

Thumbnail Daripada Anak Hanya Main Gadget, Sekolah Citra Berkat Latih Anak Terjun ke E-Sport Watermark Ketik
Coaching Clinic E-Sport SMP Citra Berkat. (Foto: Humas SMP Citra Berkat)

KETIK, SURABAYA – Melihat anak-anak muda yang suka dengan game, Sekolah Citra Berkat Surabaya memilih untuk mewadahi hobi anak-anak tersebut agar diarahkan menuju olahraga yang mampu mencetak prestasi.

Kepala Sekolah SMP Citra Berkat Surabaya, Adi Haryo Rosyamto menjelaskan, terobosan itu berawal dari pandemi, anak-anak didorong agar bergeser ke digital.

Adi menilai bahwa E-Sport adalah potensi baru di kalangan siswa SMP, bukan hanya games-nya tetapi terdapat hal-hal lain yang bisa digali.

"Akhirnya kita mulai bentuk tim E-Sport di Mobile Legends, antusiasnya sangat baik," jelasnya pada Ketik Media, Minggu, (26/11/2023).

Maka dari itu, Adi berfokus untuk terus mengembangkan minat dan bakat anak-anak SMP Sekolah Citra Berkat berkolaborasi dengan Tim Garudaku menggelar Coching Clinic Mobile Legends.

"Jadi ini kita selenggarakan untuk SD kelas 4, 5 dan 6 itu yang mengikuti, untuk jumlahnya berikan slot 40," jelasnya.

Foto Antusiasme anak-anak SD saat mengikuti Coaching Clinic E-Sport SMP Citra Berkat. (Foto: Humas SMP Citra Berkat)Antusiasme anak-anak SD saat mengikuti Coaching Clinic E-Sport SMP Citra Berkat. (Foto: Humas SMP Citra Berkat)

Menurutnya, E-Sport tidak hanya sekadar game namun dapat mengasah anak-anak untuk memiliki karakter yang baik saat bermain.

"Mereka punya nilai sportifitas, kerja sama, analisa perhitungan karena permainan ini perlu timing yang tepat untuk memenangkan permainan ini," jelasnya.

Selain ekstrakurikuler dalam bidang teknologi, akademis, dan olahraga, keputusan untuk menyertakan E-Sports sebagai bagian dari ekstrakurikuler di Sekolah Citra Berkat.

Hal ini didasarkan pada hal-hal positif yang dapat dibangun pada peserta didik melalui minat mereka dalam bidang E-Sports di era modern ini.

Bentuk komitmen Sekolah Citra Berkat dalam mendukung kegiatan E-Sports ini dibuktikan dengan terbentuknya tim E-sports siswa dan telah menjuarai berbagai kegiatan turnamen.

Contohnya mendapatkan Juara 3 pada E-Sport MLBB Carolus Competition 2021, Juara 1 pada E-Sport MLBB Carolus Competition 2022 dan memenangkan Juara 2 dan Juara 3 pada MOBA E-Sport Competition 2023 yang diselenggarakan oleh SMA Citra Berkat Surabaya dengan peserta yang diikuti oleh siswa SMP tingkat Kota Surabaya.

"Kalau tahun lalu ada dua kompetisi, yaitu yang digelar di Santo Carolus berhasil di sana menang peringkat dua, tahun ini E-Sport yang diselenggarakan oleh SMA, nah anak-anak SMP itu dapat juara 2," jelas Kepala Sekolah Citra Berkat.

Pada rangkaian acara Open House Sekolah Citra Berkat, tidak hanya kegiatan Coaching Clinic E-Sport SMP Citra Berkat namun juga tersedia trial class TK, SD dan workshop dance Hip Hop SMA Citra Berkat yang diikuti oleh siswa siswi SMP internal dan eksternal. (*)

Tombol Google News

Tags:

SMP Citra Berkat Sekolah Citra Berkat e-Sport Mobile Legends MOBA coaching clinic Tim Garudaku