Debat Perdana Pilkada Situbondo, Rio-Ulfi Miliki Solusi Realistis

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: M. Rifat

11 Oktober 2024 12:30 11 Okt 2024 12:30

Thumbnail Debat Perdana Pilkada Situbondo, Rio-Ulfi Miliki Solusi Realistis Watermark Ketik
Debat perdana calon Bupati Situbondo yang bertepat di Stasiun TV Surabaya, 10 Oktober 2024. (Foto: Tim Rio-Ulfi)

KETIK, SURABAYA – Debat perdana calon Bupati Situbondo yang bertepat di Stasiun TV Surabaya mengusung tema perekonomian yang berorientasi pada peningkatan kesejahteraan masyarakat dan memajukan daerah.

Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Situbondo nomor urut 1, Yusuf Rio Wahyu Prayogo dan Ulfiyah memiliki program dan jawaban yang lebih realistis.

Pada peningkatan kesejahteraan masyarakat dan memajukan daerah, Rio-Ulfi menegaskan bahwa Situbondo harus naik kelas, tentunya dengan semangat Entrepreneur Mindset.

"Jika Mas Rio dan Mbak Ulfi terpilih, seluruh stakeholder di Pemkab Situbondo tidak hanya menjadi administratur. Namun harus menjadi pejuang UMKM," tegas Rio dalam debat pada Kamis 10 Oktober 2024.

Tentang tingginya angka kemiskinan di Situbondo yang posisinya malah di atas Pemprov Jatim, Rio menjelaskan solusi menekan angka kemiskinan harus dengan pendekatan entrepreneur mindset seperti awal dia sampaikan bersama Ulfi.

"Kita harus mengedepankan cara pandang entrepreneur. UMKM di Situbondo perlu dijembatani oleh pemimpinnya, Bupati bersama Wakil Bupati Situbondo," tegas Rio.

Rio kembali menegaskan, supaya UMKM di Situbondo naik kelas, harus ada keberpihakan pemimpin. "Tidak boleh lagi mengimpor tenaga kerja dari luar Situbondo. Kita harus memprioritaskan pekerja lokal," imbuh Rio.

Tak hanya itu, pemimpin di Situbondo harus berani mengambil sikap, menjadi brand ambassador untuk produk lokal asli Situbondo yang dihasilkan oleh UMKM-nya.

"Situbondo memiliki produk lokal yang menawan, namun belum dieksplorasi dengan baik," tutur Ulfi, calon wakil Bupati Situbondo nomor urut 1.

Mengenai keberpihakan pemimpin di Situbondo, atas peran Gen Z sebagai pilar penguatan UMKM, Rio menjabarkan perlunya tempat untuk sharing para pelaku UMKM di Situbondo.

"Gen Z di Situbondo butuh creative hub. Seperti ini sudah dikerjakan daerah maju seperti Bandung, Solo dan daerah lainnya. Gen Z Situbondo membutuhkannya," tegasnya.

Menurut Cabup nomor 1 ini, untuk meningkatan kesejahteraan masyarakat dan memajukan daerah, Pemkab Situbondo butuh data sebagai bekal, untuk menawarkan segala potensi yang dimiliki Situbondo kepada investor.

"Sebab dengan data, kita mampu meyakinkan investor menanamkan modalnya di Situbondo. Mohon maaf, selama kepemimpinan Pak Karna dan Bu Nyai, kami tidak menemukan itu," sentil Rio. (*)

Tombol Google News

Tags:

Debat perdana calon bupati Situbondo Yusuf Rio Wahyu Prayogo Ulfiyah situbondo kemiskinan Situbondo pilkada Pilkada Situbondo