Dengan Semangat 'Bali Spirit Festival', Para Praktisi Yoga Berlatih Bersama di Yogyakarta

Jurnalis: Teguh Ariffianto
Editor: M. Rifat

29 Maret 2024 10:00 29 Mar 2024 10:00

Thumbnail Dengan Semangat 'Bali Spirit Festival', Para Praktisi Yoga Berlatih Bersama di Yogyakarta Watermark Ketik
Latihan Hatha Yoga - Sattva bersama miss Detik praktisi Yoga dan fasilitator meditasi dari Yogyakarta (28/3/2024). (Foto: Teguh A/Ketik.co.id)

KETIK, YOGYAKARTA – Yoga merupakan olahraga yang mengombinasikan antara pikiran dan tubuh.

Dengan melibatkan aktivitas fisik, latihan pernapasan, teknik relaksasi, dan latihan meditasi, tujuan dari olahraga ini untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan tubuh.

Nah, bertempat di Hotel Hyatt Regency Yogyakarta, belum lama ini para praktisi Yoga menggelar latihan Hatha Yoga - Sattva bersama Detik praktisi Yoga dan fasilitator meditasi dari Yogyakarta.

Hatha Yoga membantu membuka aliran energi dan mendistribusikannya ke seluruh tubuh. Sedangkan Sattva dalam bahasa sansekerta berarti “whole” atau menyeluruh.

"Dengan berlatih Sattva dalam Hatha Yoga, kita akan menghamonisasikan pikiran sadar dan bawah sadar kita, melakukan perjalanan ke dalam diri dan menjumpai diri sejati yang akan mempengaruhi ketenangan dan kejernihan dim pikiran serta kedamaian dalam diri," terang Detik dalam keterangannya, Jumat (29/3/2024).

Kegiatan bertemakan 'Purity & Harmony' memaknai senja di Jogja dengan mengolah raga dan rasa melalui sunset aromatic tersebut juga dimeriahkan dengan festival musik guitar akuistik oleh Paul Teodo, seorang praktisi Yoga dan meditasi yang juga seorang musisi dari Los Angeles USA.

Dalam kesempatan tersebut para peserta diajak merasakan sensasi dan pengalaman berbeda menggabungkan meditasi atau metode Yoga dengan iringan gitar akustik sound healing Cristal Bowl.

Diungkapkan oleh Detik, kegiatan ini berawal dari Bali Spirit Festival yang kemudian berkembang ke daerah lainya. Tahun 2024 diadakan di Yogyakarta, karena Yogyakarta sangat eksotis. Sementara budaya Yoga atau di Jawa disebut semedi sudah menjadi bagian dari kultural Jawa.

Di samping itu, di Yogyakarta sudah banyak komunitas Yoga yang berkembang. Kegiatan ini merupakan sebuah gerakan kesadaran spiritual baru lintas agama, lintas budaya, yang sadar akan kebahagian melalui meditasi dan Yoga.

Indah salah satu praktisi Yoga dari Yogyakarta menambahkan kegiatan tersebut bermanfaat bagi nutrisi jiwa yang dahaga akan ketenangan dan keseimbangan. Untuk itu dirinya berharap acara seperti ini bisa dilakukan secara rutin.

Acara ini didukung oleh salah satu produsen aromaterapi yang tergabung dalam IAA atau Asosiasi Aromaterapi Indonesia. (*)

Tags:

Bali Spirit Festival yoga Hatha Yoga Sattva Meditasi Hotel Hyatt Regency Yogyakarta IAA Indonesia Aromatherapy Association Asosiasi Aromaterapi Indonesia