Desa Sumberagung di Kabupaten Malang Alami Kekeringan, 995 Warga Terdampak

Jurnalis: Gumilang
Editor: Muhammad Faizin

6 September 2024 12:40 6 Sep 2024 12:40

Thumbnail Desa Sumberagung di Kabupaten Malang Alami Kekeringan, 995 Warga Terdampak Watermark Ketik
BPBD Kabupaten Malang ketika droping air bersih di Desa Sumberagung. (Foto: BPBD Kabupaten Malang)

KETIK, MALANG – Musim kemarau kali ini menyebabkan Desa Sumberagung, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, mengalami kekeringan. Sebanyak 995 warga desa tersebut mengalami krisis air di musim kemarau tahun ini.

Untuk mengatasi kekeringan di desa tersebut, BPBD Kabupaten Malang telah mengirimkan bantuan air bersih, Kamis, 5 September 2024. Sebanyak 15 ribu liter air bersih dikirimkan untuk membantu masyarakat mendapatkan air bersih.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Malang Sadono Irawan mengatakan, pengiriman bantuan air bersih dilakukan setelah ada permintaan dari Desa Sumberagung.

"Terdapat 315 Kepala Keluarga atau 995 jiwa di Desa Sumberagung yang terdampak kekeringan," ujarnya Jumat, 6 September 2024. Lebih lanjut ia mengatakan, pengiriman air bersih menggunakan truk tangki yang dimiliki BPBD kabupaten Malang.

"Kami kirimkan sebanyak 15 ribu liter air bersih di desa tersebut. Pengisian air bersih melibatkan perangkat desa setempat," sebutnya. Ia mengatakan, selain memberikan bantuan air bersih, pihaknya memberikan bantuan jerigen.

"Bantuan sebanyak 266 jerigen berkapasitas 20 liter juga diberikan," ungkapnya. Selanjutnya ia menjelaskan mekanisme pemberian bantuan air bersih ke Desa Sumberagung tersebut.

Yakni dari truk tangki, air bersih disalurkan di tempat penampungan yang disediakan di beberapa titik. "Kemudian, masyarakat mengambil air bersih menggunakan jerigen di beberapa titik tempat penampungan air," jelasnya.

Pihaknya saat ini siaga penuh untuk mengatasi kekeringan di tempat tersebut. Selain itu, BPBD Kabupaten Malang juga akan terus melakukan pemantauan pada musim kemarau ini.  (*)

 

Tombol Google News

Tags:

Desa Sumberagung Kekeringan Kemarau Kabupaten Malang BPBD kabupaten Malang