Di Sela Acara Syawalan, DPC Peradi Kota Yogyakarta Beri Perhargaan Advokat Senior Setyoharjo

Jurnalis: Fajar Rianto
Editor: M. Rifat

9 Mei 2024 01:35 9 Mei 2024 01:35

Thumbnail Di Sela Acara Syawalan, DPC Peradi Kota Yogyakarta Beri Perhargaan Advokat Senior Setyoharjo Watermark Ketik
Ketua DPC Peradi Kota Yogya Dr Ariyanto SH CN MH (kanan) menyerahkan penghargaan dan tanda cinta dari DPC Peradi Kota Yogyakarta kepada Advokat senior KPH H Setyoharjo Dirjonagoro SH (7/5/2024). (Foto: Fajar Rianto/Ketik.co.id)

KETIK, YOGYAKARTA – Advokat senior KPH H Setyoharjo Dirjonagoro SH mendapat penghargaan dan tanda cinta dari DPC Peradi Kota Yogyakarta.

Diketahui, Setyoharjo Dirjonagoro atau yang dikenal dengan nama Romo Setyo sudah jadi Pengacara pada tahun 1958 atau sudah selama 66 tahun berkecimpung di dunia advokat.

Setyoharjo merupakan pendiri Kantor Advokat RM Setyohardjo SH dan pertama kali membuka kantor di Langenastran Kidul No 18 Kraton Yogyakarta pada 21 Maret 1958.

Atas dedikasinya tersebut beliau mendapat penghormatan dari DPC Peradi Kota Yogyakarta. Itu karena semangatnya menginspirasi para advokat muda.

Pemberian penghargaan kepada Advokat paling senior Peradi Kota Yogyakarta tersebut dilakukan oleh Ketua DPC Peradi Kota Yogya Dr Ariyanto SH CN MH pada saat Halal Bi Halal DCP Peradi Kota Yogyakarta Tahun 2024, Selasa (7/5/2024).

Ketua DPC Peradi Kota Yogya Dr Ariyanto dalam keterangannya Kamis (9/5/2024) menyebutkan acara tersebut bertemakan "Dengan Semangat Silaturahmi Angota Kita Wujudkan Sinergitas DPC Peradi Kota Yogyakarta".

Menurut Ariyanto, momentum tersebut menjadi sarana untuk saling silaturahmi antar anggota DPC Peradi Kota Yogya. Serta membangun sinergitas antar anggota maupun mitra hukum.

Pj Walikota Yogyakarta Singgih Raharjo dalam sambutannya antara lain menyampaikan keberadaan Advokat Peradi Yogya bukan hanya bersidang atau beracara di pengadilan saja. Namun sangat dibutuhkan perannya berkolaborasi dengan Pemkot Yogyakarta.

Dalam kesempatan ini Singgih juga mengungkapkan bahwa dirinya merupakan jebolan Fakultas Hukum. Namun ia juga mengaku belum pernah berkecimpung dalam pekerjaan atau profesi advokat.

"Dulu saya kuliah di UII. Tetapi magisternya mengambil bidang pendidikan," sebutnya.

Foto Dengan penuh keakraban, sesepuh, tokoh, dan pengurus DPC Peradi Kota Yogyakarta foto bersama tamu undangan Halal Bi Halal DCP Peradi Kota Yogyakarta tahun 2024.(Foto: Fajar Rianto/Ketik.co.id)Dengan penuh keakraban, sesepuh, tokoh, dan pengurus DPC Peradi Kota Yogyakarta foto bersama tamu undangan Halal Bi Halal DCP Peradi Kota Yogyakarta tahun 2024.(Foto: Fajar Rianto/Ketik.co.id)

Singgih juga berharap adanya kolaborasi dalam pemberian bantuan atau masukan-masukan persoalan hukum.

Sedangkan Wakil Ketua Umum DPN Peradi, Dr H Achiel S Suyanto SH MBA MH mengaku sudah tiga periode menjadi Wakil Ketua Umum DPN Peradi mendampingi Prof Dr Otto Hasibuan SH, MM, PhD.

Ia ungkapkan kuncinya yang harus diingat dalam mengurus organisasi yakni berupa istilah "Jamu Jampi Kendi". Jika dijabarkan menjadi jaga mulut, jaga hati, serta mengendalikan diri.

Acara yang digelar di Ballroom Hotel Tasneem & Convention Yogyakarta ini dihadiri dua ratus lebih anggota lintas generasi maupun pengurus Peradi, disertai perkenalan 40 anggota baru dengan suasana penuh keakraban.

Sementara itu Ketua Panitia Diana Eko Widyastuti SE SH mengungkapkan, Syawalan tersebut merupakan hasil kerja kolektif. Serta di dukung berbagai pihak terutama dari Perempuan Peradi Yogya dan Young Lawyer Community (YLC).

Ia tegaskan pula, meski dihadiri oleh Pj Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo, namun kegiatan tersebut tidak ada sangkut pautnya dengan politik di tengah kabar Singgih Raharjo akan maju atau tidak dalam gelaran Pilkada 2024.

"Kita organisasi profesi dan tidak ada tendesi politik apapun mengenai hal ini," tegasnya.

Diana juga menyebutkan tidak hanya Pj Wali Kota yang diundang dan berkenan hadir. Namun ada juga Kapolresta Yogyakarta Kombes Pol Aditya Surya Dharma SIK MH, Ketua PWI DIY Drs Hudono SH. Serta sempat hadir pula Kajari Kota Yogyakarta Saptana Setya Budi, SH, MH. (*)

Tombol Google News

Tags:

Advokat senior RM Setyoharjo Dirjonagoro Syawalan Halal bi halal DPC Peradi Kota Yogyakarta