Diam-Diam Kawasaki Siapkan Motor Bebek Saingan Supra GTR dan MX King untuk Pasar Asia Tenggara

Jurnalis: M. Rifat
Editor: Marno

2 Mei 2023 05:13 2 Mei 2023 05:13

Thumbnail Diam-Diam Kawasaki Siapkan Motor Bebek Saingan Supra GTR dan MX King untuk Pasar Asia Tenggara Watermark Ketik
Sketsa motor bebek terbaru Kawasaki yang beredar di dunia maya. (Foto: Greatbiker)

KETIK, JAKARTA – Kawasaki disebut sedang mengembangkan motor bebek super berkapasitas di atas 150 cc. Calon motor bebek Kawasaki ini diproyeksikan menjadi pesaing Yamaha MX King dan Honda Supra GTR150.

Motor bebek Kawasaki itu juga bakal dikhususkan dijual untuk pasar Asia Tenggara. Kawasaki tidak akan merakit motor itu sendirian. Dikutip Greatbiker, Kawasaki akan menggandeng pabrikan lokal Malaysia, Modenas. Motor Kawasaki itu diharapkan menggunakan mesin bertenaga, antara kapasitas 150 cc hingga 175 cc.

Selama ini Kawasaki dikenal dengan jajaran motor sportnya. Mereka memiliki motor sport 250 cc bermesin 4 silinder yang populer di Indonesia serta Thailand. Namun, Kawasaki memang tetap membutuhkan produk motor bebek untuk memperluas pangsa pasarnya dan menambah pilihan konsumen terhadap produk mereka.

Negara-negara Asia Tenggara seperti Malaysia, Filipina, Vietnam, dan Indonesia, memang masih menjadi pasar seksi untuk motor bebek. Meski penjualannya terus menurun setiap tahun.

Sebelumnya, Kawasaki pernah memiliki unit motor bebek di pasar Indonesia. Itu seperti Blitz R dan ZX 130 yang memiliki keunikan karena tangki bahan bakarnya terletak pada bagian tebeng depan.

Baru-baru ini telah beredar gambar sketsa calon motor bebek Kawasaki yang desainnya cukup garang dengan aplikasi suspensi depan upside down serta desain knalpot ganda. Desain bodinya pun agresif, dengan model lampu sporty, dan fairing bersirip.

Tapi jika diperhatikan lebih detail lagi, dilansir dari DetikOto, sketsa gambar tersebut masih belum cukup rasional. Sebab rem depannya menggunakan cakram ganda dengan kaliper radial dan juga pada bagian mesinnya terdapat dua pipa yang mengindikasikan motor itu menggunakan mesin dua silinder. Hal itu belum umum bagi sebuah motor bebek.(*)

Tags:

Kawasaki motor bebek asia tenggara