Diduga Lakukan Penipuan CPNS, Kejari Tahan Eks Sekdin Dispora Kabupaten Malang

Jurnalis: Gumilang
Editor: Mustopa

19 Maret 2024 14:14 19 Mar 2024 14:14

Thumbnail Diduga Lakukan Penipuan CPNS, Kejari Tahan Eks Sekdin Dispora Kabupaten Malang Watermark Ketik
Kejari Kabupaten Malang ketika melakukan eksekusi penahanan terhadap eks Sekdin Dispora Kabupaten Malang karena terlibat kasus penipuan. (Foto : Kejari Kabupaten Malang)

KETIK, MALANG – Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Malang menahan eks Sekdin Dispora Kabupaten Malang Henry Mulia Baharudin Tanjung, Selasa (19/3/2024). Ia ditahan atas dugaan penipuan atau penggelapan tekait rekrutmen CPNS.

Kasi Intel Kejari Kabupaten Malang Deddy Agus Oktavianto menjelaskan, yang bersangkutan melakukan penipuan terhadap seseorang dengan menjanjikan dapat menjadikan CPNS. Kasus itu terjadi pada kisaran waktu 2013 hingga 2015.

"Ada calon CPNS yang ingin menjadi CPNS begitu, yang bersangkutan menjanjikan akan mengurus," ujar Deddy Agus Oktavianto kepada awak media.

Lebih lanjut ia menambahkan, korban pun memberikan uang sekitar Rp 100 juta kepada Tanjung sapaan akrab pelaku atas iming-iming tersebut. Namun, setelah memberikan uang itu keinginan korban tidak terwujud.

"Tapi setelah menyerahkan uang sekitar Rp 100 juta hingga hari calon CPNS itu tidak menjadi CPNS sehingga korban melaporkan ke Polres," ungkapnya.

Ditanya terkait apa ada korban lain, Deddy mengungkapkan bahwa korban hanya satu. Tetapi penyidikan terus didalami. "Kalau itu kewenangan penyidik, nanti akan kita lihat perkembangan di persidangan," jelasnya.

Selanjutnya, akan dilakukan penahanan terhadap Tanjung selama 20 hari kedepan. Ia ditahan di Lapas Lowokwaru Kota Malang sebelum melanjutkan proses hukum ke persidangan. (*)

Tombol Google News

Tags:

Penipuan CPNS Kejari Kabupaten Malang Kabupaten Malang Eks Sekdin Dispora Kabupaten Malang
04. Home Sidebar 1
06. Home Sidebar 3 04. Home Sidebar 1