Dilantik Jadi Ketua IPHI Labuhanbatu, Riadi: Ini Wadah Silaturahmi dan Tempat Pengobat Rindu

Jurnalis: Joko Gunawan
Editor: Mustopa

4 Agustus 2024 09:10 4 Agt 2024 09:10

Thumbnail Dilantik Jadi Ketua IPHI Labuhanbatu, Riadi: Ini Wadah Silaturahmi dan Tempat Pengobat Rindu Watermark Ketik
Pengurus PW IPHI Sumut (kiri) menyerahkan pataka kepada Ketua PD IPHI Labuhanbatu dalam agenda pelantikan di Rantauprapat. (Foto: Joko/Ketik.co.id)

KETIK, LABUHAN BATU – HM Riadi resmi dilantik menjadi Ketua Pengurus Daerah Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (PD IPHI) Labuhanbatu, Sumatra Utara periode 2024-2029 di Deli Hall Gedung Serbaguna Rantauprapat, Minggu (4/8/2024).

Bersama dengan zekretarisnya, HM Sofyan dan Bendahara, H Mora Tahan Setiadi Hasibuan, ia akan berupaya menjadikan organisasi itu sebagai wadah silaturahmi sekaligus tempat pengobat rasa rindu.

"Ini amanah yang diberikan, semoga ini menjadi motivasi bersama untuk berbuat lebih baik ke depannya," terang Riadi dalam sambutannya setelah dilantik Pengurus Wilayah (PW) Sumut.

Menjadi pengurus PD IPHI, ujarnya, merupakan sebuah pelaksanaan sunah rasul, yakni dalam konteks silaturahmi yang di baliknya terdapat keberkahan serta kejayaan.

"Dengan silaturahmi sesama haji, tentu mampu mengobati rasa rindu kita saat-saat di tanah suci. Selain itu juga memudahkan urusan dan peluang rejeki," sebutnya.

Rasa syukur yang tinggi pun diutarakannya. Dengan wadah PD IPHI, maka warga yang telah berangkat ke tanah suci, dapat berkumpul di sana sekaligus menjadikan sebuah tolok ukur kebersamaan.

Dia juga menerangkan bahwa telah terjadi perubahan besar terhadap perkembangan keberadaan PD IPHI di Labuhanbatu selama ini, khususnya koordinasi kepada pemerintah kabupaten (pemkab) maupun Kantor Kementerian Agama setempat.

Foto Jajaran PW IPHI Sumut foto bersama dengan pengurus PD IPHI Labuhanbatu, pengurus MTP IPHI serta pengurus PC IPHI kecamatan se-Labuhanbatu. (Foto: Joko/Ketik.co.id)Jajaran PW IPHI Sumut foto bersama dengan pengurus PD IPHI Labuhanbatu, pengurus MTP IPHI serta pengurus PC IPHI kecamatan se-Labuhanbatu. (Foto: Joko/Ketik.co.id)

Hal itu dibuktikan dengan Pemkab Labuhanbatu waktu lalu telah memberikan pelayanan maksimal terhadap calon jemaah, misalnya turut andil dalam penyediaan transportasi keberangkatan dari Rantauprapat menuju Medan, Sumut.

Terhadap Kemenag sendiri, Riadi melihat upaya besar telah dilakukan terkait pendampingan. Misalnya saja, mulai dari pelayanan kesehatan hingga sepulangnya sampai ke Rantauprapat.

"Kantor Kemenag sebagai mitra juga telah memberikan pelayanan terbaik dan perlu diberikan apresiasi. Terima kasih kepada Pemkab Labuhanbatu sebagai pengayom. Banyak support yangdiberikan oleh Kemenag maupun pemerintah setempat," tutur Riadi lagi.

Sementara, Kepala Kantor Kemenag Labuhanbatu, H Asbin Pasaribu berharap PD IPHI mampu menjadi mitra Kemenag dalam bersosialisasi, memakmurkan hingga teladan bagi jemaah.

"IPHI sedikit berbeda dengan ormas lainnya, karena pengurusnya terbilang tua-tua. Pengurus IPHI harus mampu menjadi teladan bagi jemaah yang akan berangkat maupun yang sudah pulang," pesannya.

Sedangkan Wakil Ketua PW IPHI Sumut, Syafii usai melantik dalam arahannya meminta PD IPHI Labuhanbatu terus dapat menjadi tolok ukur keberhasilan organisasi, terlebih beberapa waktu sebelumnya pernah menjadi pelaksana Rakernas dan kegiatan lainnya.

"Labuhanbatu merupakan tolak ukur, karena pernah dipercaya pelaksana Rakernas Sumut. Maka, terus jadikan organisasi ini sebagai perkumpulan jamaah haji yang merupakan orang-orang terbaik," pesannya.

Selain pelantikan PD IPHI Labuhanbatu periode 2024-2029, juga dilaksanakan pelantikan Majelis Taklim Perempuan (MTP) PD IPHI Labuhanbatu serta pengurus PC IPHI kecamatan se-Labuhanbatu.(*)

Tombol Google News

Tags:

PW IPHI PD IPHI PC IPHI MTP IPHI Labuhanbatu Sumut haji Tanah Suci