Dilantik Jadi Pj Sekdaprov Jatim, Bobby Soemiarsono Diminta Pj Gubernur Tak Gunakan Fasilitas Sekda

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: M. Rifat

6 Maret 2024 07:04 6 Mar 2024 07:04

Thumbnail Dilantik Jadi Pj Sekdaprov Jatim, Bobby Soemiarsono Diminta Pj Gubernur Tak Gunakan Fasilitas Sekda Watermark Ketik
Bobby Soemiarsono saat dilantik dan diambil sumpahnya jadi Pj Sekdaprov Jatim, Selasa (5/3/2024). (Foto: Khaesar/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Bobby Soemiarsono resmi menjadi Penjabat Sekertaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Timur. Kepastian ini usai dirinya dilantik oleh Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur (Jatim), Adhy Karyono di Gedung Negara Grahadi, Selasa (5/3/2024).

Usai dilantik, Pj Gubernur Adhy berpesan agar Bobby menggunakan fasilitas serta ruangan lama saja selama menjabat Sekda.

"Walaupun sebagai Pj Sekda, fasilitasnya tetap menggunakan dari jabatan yang lama sebagai Kepala Bapenda. Sama dengan saya. Yang dipinjamkan cuma nomor (nopol) mobilnya saja," ujarnya.

Diketahui, Bobby merupakan Kepala Pendapatan Daerah (Bapenda) Jatim yang sempat ditugasi menjadi Pelaksana Harian (Plh) Sekdaprov Jatim untuk mengisi posisi Adhy karena menjadi Pj Gubernur Jatim. Tak lama kemudian Bobby dijadikan Pj Sekdaprov Jatim sesuai surat yang diterbitkan Menteri Dalam Negeri.

Ajakan untuk menggunakan fasilitas lama itu dimaksudkan oleh Adhy, karena jabatan yang diemban ini hanya sementara. Ia bilang kalau setelah gelaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jatim 2024, maka akan menduduki jabatan yang lama lagi.

"Karena dalam waktu setahun akan kembali seperti semula. Dengan begini, kita bisa lebih efisien dan menghemat dalam menjalankan tugas," kata Adhy.

Meski hanya menjabat setahun, Adhy berharap ada inovasi berdampak dilakukan oleh Bobby. "Saya minta untuk ada terobosan. Tidak hanya sekadar melaksanakan kebijakan program anggaran yang sudah digariskan, tetapi juga ada letupan-letupan sesuatu yang baru," katanya.

Adhy berpesan kepada Bobby untuk menjalankan semua program yang berdampak pada masyarakat. "Jadi bagaimana kita fokus pada program prioritas. Seperti mengentaskan kemiskinan, meminimalisir angka pengangguran, dan melakukan reformasi birokrasi yang berdampak," ucap Adhy.

Sementara itu, Pj Sekdaprov Bobby mengatakan akan berupaya semaksimal mungkin menjalankan amanah yang diembannya saat ini. Ia mengaku akan melakukan instruksi dari Pj Gubernur untuk fokus dalam bidang perencanaan keuangan.

"Pak Pj Gubernur tadi menegaskan ada tiga tugas pokok yang harus dikembangkan terkait dengan perencanaan dan penganggaran. Pertama RPJPD, kedua RPJMD, dan ketiga RKPD. Ini bagian siklus anggaran yang harus diselesaikan," ungkapnya.

Dengan amanat baru ini, Bobby diharapkan bisa mengemban amanat sebagai Pj Sekdaprov Jatim. "Maka kita harus bekerja sama untuk membangun Jawa Timur. Tugas-tugas yang diamanatkan kepada saya harus diselesaikan dengan sebaik-baiknya," pungkasnya. (*)

Tags:

Pj Sekdaprov Jatim Sekda Prov Jatim Bobby Bobby Sumiarsono Jawa timur Pj Sekdaprov Bobby