Diprediksi Makin Ramai, Jalan Ijen Kota Malang Belum Punya Kantong Parkir

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Mustopa

27 September 2023 07:47 27 Sep 2023 07:47

Thumbnail Diprediksi Makin Ramai, Jalan Ijen Kota Malang Belum Punya Kantong Parkir Watermark Ketik
Pengendara motor yang sering parkir di tepi Jalan Ijen. (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Sepanjang Jalan Ijen hingga kini masih belum memiliki lahan parkir, padahal banyak masyarakat yang datang untuk duduk di area bangku Jalan Ijen. Sering kali mereka memarkirkan kendaraannya di tepi jalan, meskipun tidak sampai menimbulkan kemacetan.

Di sisi lain, setelah Kayutangan Heritage dan Alun-Alun Tugu, sepanjang Jalan Ijen juga mulai dipasang lampu hias. Kawasan tersebut digadang-gadang menjadi salah satu titik keramaian di Kota Malang. Pemasangan lampu dilakukan mulai samping Rumah Dinas Wali Kota Malang hingga Gereja Katedral. 

Pemasangan lampu tersebut dapat menimbulkan peluang semakin padatnya masyarakat yang berkunjung ke Jalan Ijen. Mengetahui kondisi tersebut, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang masih mengkaji pengadaan lahan parkir di area tersebut.

"Belum ada lahan parkirnya. Pemasangan lampu untuk memperindah Jalan Ijen bisa menjadi daya tarik sendiri dan akan menjadi perhatian kami. Kami akan antisipasi dan diskusikan bersama perangkat daerah lain," ujar Kepala Dishub Kota Malang, Widjaja Saleh Putra, Rabu (27/9/2023).

Beberapa lokasi yang menurutnya relevan menjadi area parkir ialah daerah Retawu atau di kawasan Museum Brawijaya. Selain itu, Taman Slamet dan Stadion Gajayana menjadi opsi untuk lahan parkir.

"Kita harapkan masyarakat memaklumi. Kita lihat ramai atau tidaknya dulu, tapi kita antisipasi juga. Penyediaan lahan parkir bukan hanya bersifat insidentil saja, prinsipnya kita sedang berjalan untuk kajian penyediaan parkir," lanjut Widjaja.

Penyediaan lahan parkir tersebut sekaligus untuk mengcover wilayah Klojen secara keseluruhan. Mengingat fenomena parkir di tepi jalan masih menjadi masalah yang dihadapi oleh Dishub Kota Malang.

"Memang yang sedang dibangun di Jalan Ijen itu nol, tidak ada lahan parkir karena langsung pedestrian. Sekali lagi nanti kita analisis, kalau memang ada konsekuensi, ada bangkitan parkir, nanti kita siapkan," lanjutnya.

Widjaja sempat menyinggung rencana parkir bertingkat di Mal Olympic Garden (MOG). Dengan demikian ia berharap dapat menjadi penampung parkir di wilayah sekitar.

"Sambil berjalan kami sudah siapkan strateginya. Di antaranya lahan parkir yang mudah-mudahan di tahun 2024 bisa terwujud dan mengoptimalkan lahan parkir di MOG yang bertingkat. Tentu itu dalam rangka untuk memenuhi ruang parkir," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Parkir Jalan Ijen Jalan Ijen Lampu Jalan Ijen lahan parkir Kota Malang Dishub Kota Malang