Diprediksi Menang Satu Putaran, Prabowo-Gibran Tak Tertandingi di Banten

Jurnalis: Muhammad Faizin
Editor: Naufal Ardiansyah

7 Februari 2024 21:24 7 Feb 2024 21:24

Thumbnail Diprediksi Menang Satu Putaran, Prabowo-Gibran Tak Tertandingi di Banten Watermark Ketik
Survey capres - cawapres yang digelar Alvara Research Center di Provinsi Banten. (Ist)

KETIK, JAKARTA – Mendekati tanggal pencoblosan pada 14 Februari 2024, sejumlah survey elektabilitas capres dirilis. Salah satunya adalah Alvara Research Center yang menggelar survei di wilayah Provinsi Banten. 

Berdasarkan simulasi pemilihan umum yang dilakukan menggunakan kertas suara, elektabilitas tertinggi pasangan Capres - Cawapres di Banten dimiliki oleh pasangan Prabowo - Gibran sebesar 61,6 persen, diikuti urutan kedua pasangan Anies - Muhaimin saebesar 24,5 persen dan Ganjar - Mahfud di urutan ketiga dengan 12,2 persen. Sedangkan yang belum memutuskan hanya 1,7 persen saja.

Survey digelar pada periode 22 Januari hingga 1 Februari 2024 di seluruh kabupaten/kota yang ada di provinsi berjuluk Bumi Juara itu. “Survei ini dilakukan di Provinsi Banten karena wilayah ini strategis yang sangat dekat dengan pusat pemerintahan, DKI Jakarta,” kata Lilik Purwandi, Peneliti Senior Alvara Research Center, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (07/02/2024). 

Berdasarkan wilayah Kabupaten/ Kota di Provinsi Banten, pasangan Prabowo – Gibran unggul di semua wilayah Kabupaten/ Kota Provinsi Banten, dengan elektabilitas pasangan Prabowo – Gibran ini di masing-masing kabupaten/kota adalah sebagai berikut ; Lebak (69,6 persen), Pandeglang (58,4 persen), Kota Cilegon (72 persen), Kota Serang (62,4 persen), Kabupaten Serang (73,1 persen), Kota Tangerang (42,5 persen), Kota Tangerang Selatan (56,2 persen) dan Kabupaten Tangerang (65,1 persen).

“Secara umum, elektabilitas pasangan Prabowo – Gibran unggul lebih dari 50 persen di hampir seluruh Kabupaten/ Kota, kecuali di Kota Tangerang. Hal ini menunjukkan, elektabilitas pasangan 02 akan sulit terkejar dalam waktu dekat, sehingga pasangan ini berpotensi akan menang di Provinsi Banten,” ujar Lilik yang memiliki keahlian dalam ilmu Statistika ini. 

Sementara itu, elektabilitas pasangan berdasarkan Generasi usia pemilih, pasangan Prabowo – Gibran juga terlihat unggul di semua Generasi dibandingkan pasangan Capres – Cawapres lainnya. Dengan hasil sebagai berikut ; pada pemilih Gen Z elektabilitas pasangan Prabowo – Gibran sebesar 69,1 persen. Sedangkan pada Generasi Millenial elektabilitas pasangan Prabowo – Gibran mencapai 60,6 persen dan pada pemilih generasi X elektabilitas Prabowo – Gibran mencapai 58,3 persen, sementara itu pada pemilih Baby Boomers elektabilitas Prabowo – Gibran sebesar 49 persen. 

“Mayoritas pemilih muda (Gen Z dan Millenial) di Provinsi Banten memilih pasangan Prabowo – Gibran. Hal ini menunjukkan semakin muda generasi pemilih di Banten, maka kecenderungannya memilih pasangan Prabowo – Gibran,” pungkas Lilik. (*)

Tags:

banten Capres survey Alvara Research Prabowo-gibran Ganjar Mahfud Anies-Muhaimin pemilu2024 pilpres2024