Disambut Karpet Merah, Sapi Kurban Presiden Jokowi di MAS

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Marno

28 Juni 2023 11:16 28 Jun 2023 11:16

Thumbnail Disambut Karpet Merah, Sapi Kurban Presiden Jokowi  di MAS Watermark Ketik
Sapi milik Presiden Jokowi Gasbi hadir di Masjid Al-Akbar Surabaya. (Foto: Shinta Miranda/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Sapi Presiden Joko Widodo sudah hadir di Masjid Al-Akbar Surabaya (MAS), sapi ini berasal dari Lumajang Jawa Timur, sambutan spesial dilakukan oleh pengurus MAS untuk sapi milik Jokowi ini dengan menggelar karpet merah. 

Jokowi menyumbangkan 1 sapi bernama Gasbi jenis  limosin dari peternak asal Lumajang bernama Bahrowi Yahya. Sapi ini seberat 1,15 ton. 

Dijelaskan oleh Peternak Sapi yang dibeli oleh presiden ini Bahrowi Yahya mengungkapkan sapi ini dirawat selama 3 tahun. 

"Sapi Limosin, perawatan 3 tahun 3 bulan. Usinya 3 tahun 8 bulan. Beratnya 1 ton 150 kilo," paparnya Rabu, (28/6/2023). 

Foto Sapi Presiden Jokowi tiba di Masjid Al Akbar Surabaya disambut karet merah.Sapi Presiden Jokowi tiba di Masjid Al Akbar Surabaya disambut karet merah.

Mengenai perawatan sapi ini, Yahya menjelaskan perlu menyiapkan pakan yang cukup banyak. "Kalau perawatan enak sapinya jinak. Ya kalau makannya porsinya memang agak lebih banyak dari sapi umumnya dua kali lipat dari sapi umum," ujarnya. 

Yahya bercerita sebelum dibeli oleh Jokowi, ia sempat diseleksi mulai kabupaten hingga bisa benar-benar dipilih oleh tim dan diserahkan ke MAS. 

"Seleksi dari tingkat kabupaten dulu, kemudian tingkat provinsi nanti diseleksi tingkat kbupaten kemudian lolos," paparnya. Mengenai harga, Yahya menjawab "115 juta," ucapnya. 

Foto Tampilan Gasbi sapi milik Jokowi. (Foto: Shinta Miranda/Ketik.co.id)Tampilan Gasbi sapi milik Jokowi. (Foto: Shinta Miranda/Ketik.co.id)

Mengenai penyambutan yang spesial, Humas MAS Helmy M Noor mengungkapkan bahwa ini adalah sebuah penghormatan untuk hewan-hewan kurban agar merasa happy. 

"Sapi yang masuk ke Al-Akbar kita kasih karpet merah, sebagai bentuk penghormatan, apresiasi. Ini among tamu menyambut sapi datang dengan riang gembira, maka sapinya juga akan gembira," ujarnya. 

Helmy menjelaskan bahwa presiden istiqomah berkurban di Masjid Al-Akbar Surabaya maka dari itu memberikan penghormatan yang spesial untuk kurban milik Jokowi ini. 

"Kita ingin memberikan penghormatan bahwa presiden istiqomah dalam kondisi apa pun berkurban sapi di Al-Akbar," ujarnya. 

Mengenai pemotongan hewan kurban, akan dilaksanakan H+1 Idul Adha disembelih pada siang hari. "Insya Allah sapi Presiden Jokowi akan dipotong pada H+1 tepatnya hari Jumat," ujarnya. (*)

Tags:

sapi presiden Joko Widodo Masjid Al-Akbar Surabaya MAS Bahrowi Yahya sapi Lumajang karpet merah