Diserbu Pengunjung, Dishub Kota Malang Segera Pasang Zebra Cross di Alun-Alun Tugu

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Naufal Ardiansyah

19 Oktober 2023 06:25 19 Okt 2023 06:25

Thumbnail Diserbu Pengunjung, Dishub Kota Malang Segera Pasang Zebra Cross di Alun-Alun Tugu Watermark Ketik
Kawasan Alun-Alun Tugu Kota Malang yang belum dipasang zebra cross (19/10/2023). (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Sudah lebih dari seminggu pasca berakhirnya revitalisasi Alun-Alun Tugu Kota Malang. Melihat banyaknya masyarakat yang berkunjung, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang pun akan segera memasang zebra cross di beberapa titik menuju Alun-Alun Tugu Kota Malang.

Selama ini ketika hendak menuju ke Alun-Alun Tugu, masyarakat harus menyeberang jalan tanpa bantuan zebra cross. Menurut Kepala Dishub Kota Malang, Widjaja Saleh Putra, pemasangan zebra cross menjadi prioritas sekaligus konsekuensi dari bertambahnya destinasi baru.

"Nanti kita buatkan secara isidentil untuk pemasangan zebra cross di situ karena itu penting ya, artinya prioritas. Konsekuensi dengan dibangunnya Alun-Alun Tugu, bertambah lagi destinasi," ujarnya, Kamis (19/10/2023).

Menurutnya penambahan zebra cross merupakan upaya Dishub Kota Malang dalam menjamin keselamatan masyarakat.

"Tarikan pengunjung itu menimbulkan resiko. Dibutuhkan kenyamanan, keamanan dan keselamatan lalu lintas. Maka perlu adanya penambahan rambu lalu lintas berupa zebra cross," tambahnya.

Zebra cross tersebut rencananya akan dipasang di dua titik yakni area Balai Kota Malang dan depan SMA Negeri 4 Kota Malang. Pihaknya mengupayakan pemasangan dapat dilakukan di tahun 2023 ini.

"Mudah-mudahan tahun ini. Nanti kita lihat berapa titik karena itu di luar perencanaan kami. Idealnya ada dua, di depan Balai Kota Malang dan depan SMA Tugu, jadi akan lurus," ujar Widjaja.

Pihaknya pun mempertimbangkan pemasangan pita kejut untuk mengurangi kecepatan pengguna jalan dengan kendaraan bermotor. Namun rencana tersebut masih harus dikaji bersama Forum Lalu Lintas. 

"Macam-macam cara untuk memperingatkan agar mengurangi kecepatan. Di antaranya warning led, pita kejut, speed bam. Minimal diletakkan di tikungan. Kawasan yang rawan ada di tikungan situ (Kahuripan), di SMA Tugu, sama Balai Kota," jelasnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Alun-alun Tugu Kota Malang Kota Malang Zebra Cross Dishub Kota Malang