Disidak Plt Bupati Sidoarjo H Subandi, SDN yang Terbakar di Sidoarjo Diperbaiki Tahun Ini

Editor: Fathur Roziq

11 Juni 2024 01:04 11 Jun 2024 01:04

Thumbnail Disidak Plt Bupati Sidoarjo H Subandi, SDN yang Terbakar di Sidoarjo Diperbaiki Tahun Ini Watermark Ketik
Plt Bupati Sidoarjo H Subandi SH MKn mendengarkan keinginan murid-murid SDN Jenggot yang terbakar 2023 lalu. Sekolah mereka diperbaiki tahun 2024 ini juga. (Foto: Mashud/Diskominfo Sidoarjo)

KETIK, SIDOARJO – Kondisi bangunan SDN Jenggot, Kecamatan Krembung, Sidoarjo, benar-benar parah. Setelah terbakar hebat pada November 2023 lalu, empat ruang di sekolah itu hancur. Plt Bupati H Subandi SH MKn mendatanginya. Dia memerintahkan gedung yang rusak itu segera diperbaiki. Cepat dibangun lagi tahun 2024 ini.

Empat ruang yang rusak itu adalah tiga ruang kelas dan 1 ruang guru. Kondisinya rusah berat. Semua atapnya ambruk. Bekas-bekas genting dan kayu plafon berserakan tak keruan. Kayu-kayu kusen pintu dan jendela hangus. Hitam. Tidak bisa ditempati lagi.

”Pemkab Sidoarjo sangat perlu menyiapkan anggaran untuk perbaikan sekolah yang rusak akibat kebakaran ini,” ungkap H Subandi saat melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke SDN Jenggot pada Senin pagi (10/6).

H Subandi menginstruksikan kepada kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan atau Disdikbud Sidoarjo agar segera memperbaiki ruangan SDN Jenggot rusak luar biasa itu. Beberapa kelas dan ruang guru.

”Kasihan murid-murid dan Bapak-Ibu Guru di sini,” ungkapnya.

Plt Bupati H Subandi menyatakan akan bekerja secepat mungkin untuk memperbaiki bangunan sekolah yang rusak itu. Kenyamanan belajar harus diperhatikan. Tugas guru-guru di SDN Jenggot bisa terlaksana dengan baik.

Tidak hanya itu. H Subandi juga meminta Disdikbud Sidoarjo melengkapi lagi fasilitas sekolah. Sarana dan prasarana belajar siswa. Meja, kursi, komputer, bahkan sampai alat-alat tulis juga disediakan.

”Pelaksanaan belajar-mengajar harus kembali seperti sebelumnya. Lebih nyaman dan aman bagi murid dan guru,” tambah H Subandi didampingi Kepala Disdikbud Sidoarjo Tirto Adi dan Kepala SDN Jenggot Maftuchanis Chariro.

Foto Plt Bupati Sidoarjo H Subandi SH MKn bersama Kepala Disdikbud Sidoarjo Tirto Adi mengamati kondisi kelas SDN Jenggot yang hangus karena dilalap api. (Foto: Mashud/Diskominfo Sidoarjo)Plt Bupati Sidoarjo H Subandi SH MKn bersama Kepala Disdikbud Sidoarjo Tirto Adi mengamati kondisi kelas SDN Jenggot yang hangus karena dilalap api. (Foto: Mashud/Diskominfo Sidoarjo)

Kepala SDN Jenggot Maftuchanis Chariro SD mengatakan dirinya terpaksa mengatur jadwal darurat untuk pembelajaran sementara. Murid kelas I, II, dan III masuk pagi. Siswa-siswi kelas IV, V, dan VI dapat giliran masuk siang. Sistem sif. Jadwal itu diterapkan sampai ruangan yang rusak diperbaiki.

Maftuchanis Chariro mengakui sistem sif itu kurang efektif. Berbulan-bulan ini dirinya berharap SDN Jenggot segera diperbaiki. Dia bersyukur karena Plt Bupati H Subandi datang dan meminta perbaikan SDN Jenggot cepat dilaksanakan.

”Alhamdulillah segera diperbaiki. Kami berterima kasih kepada Pak Bupati. Semoga anak-anak bisa kembali belajar dengan normal,” ungkapnya. (*)

Tags:

Bupati Sidoarjo Plt Bupati Sidoarjo H Subandi H Subandi Pemkab Sidoarjo Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sidoarjo Tirto Adi SDN Jenggot Kecamatan Krembung Kabupaten Sidoarjo Sekolah Rusak Sidoarjo