Diskopum Jember Catat Perputaran Uang UMKM Gelaran Pesta Rakyat Capai Rp 230 Juta

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: Muhammad Faizin

19 Oktober 2023 10:46 19 Okt 2023 10:46

Thumbnail Diskopum Jember Catat Perputaran Uang UMKM Gelaran Pesta Rakyat Capai Rp 230 Juta Watermark Ketik
Pesta Rakyat Dewa 19 di Jember Sport Garden (15/10/2023) (Foto: Diskominfo Jember)

KETIK, JEMBER – Pesta Rakyat, konser musik bertaraf nasional pertama yang dihelat di Jember usai pandemi Covid 19, diklaim sukses membawa perputaran roda ekonomi. Konser yang mendatangkan artis papan atas Andra and The Backbone, Ahmad Band, dan Dewa 19 digelar di Jember Sport Garden pada Minggu (15/10/2023) kemarin.

Terhitung dari sekitar pukul 3 sore hingga 11 malam, perputaran uang dari 35 stand UMKM dalam event Pesta Rakyat bersama Dewa 19 akhir pekan lalu mencapai Rp 230 juta.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Koperasi dan UKM (Diskopum) Jember, Sartini, Kamis (19/10/23), jumlah tersebut didata dari sejumlah stand yang disediakan panitia, 15 stand untuk UMKM binaan Diskopum, sedangkan 20 sisanya berbayar.

“Kalau konser itu rata-rata UMKM yang berjualan jenis minuman ringan penghilang dahaga, seperti air mineral, es teh, es jeruk serta makanan ringan seperti bakso dan soto,” jelas Sartini. 

Dinkop memastikan dari 15 UMKM stand gratis berasal dari Jember, mewakili semua komunitas dan perwakilan PKK kecamatan. “UMKM kami tidak mengeluarkan biaya, jadi memang sewanya dibayarkan Pemkab,” terangnya.

Sedangkan 20 stand berbayar, Dinkop belum memastikan apakah berasal dari Jember semua atau juga dari luar Jember, karena dihadirkan langsung oleh panitia konser.

Lebih lanjut, Sartini menyatakan pihaknya hanya mendaftar berapa omset yang diterima setiap UMKM pada kesempatan itu. “Kami hanya mendata saja yang mereka jual dapatnya berapa, tidak menanyakan asal darimana,” tutup Sartini.(*)

Tombol Google News

Tags:

Perputaran uang Pesta Rakyat Dewa 19 Jember Ekonomi industri kreatif Diskopum Jember