Ditolak Anggota, Tugu PSHT di Jember Gagal Dibongkar

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: Mustopa

28 Agustus 2023 16:00 28 Agt 2023 16:00

Thumbnail Ditolak Anggota, Tugu PSHT di Jember Gagal Dibongkar Watermark Ketik
Penolakan pembongkaran tugu PSHT di Pakusari oleh anggota PSHT Ranting Pakusari, Jember, Senin (28/8/2023) (Foto: Fenna/Ketik.co.id)

KETIK, JEMBER – Pembongkaran tugu Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Ranting Pakusari di Jalan Nasional III Jember-Banyuwangi pada Senin (28/8/2023) gagal dieksekusi. Hal itu lantaran muncul penolakan dari anggota PSHT

Anggota PSHT Ranting Pakusari tidak terima jika tugu perguruan itu dibongkar. Padahal pimpinan PSHT cabang Jember sudah sepakat untuk menertibkan tugu yang berdiri di atas fasilitas umum milik pemerintah.

Para anggota yang protes mengerumuni tugu hingga memblokade jalan penghubung Jember-Banyuwangi dan dilakukan buka-tutup jalur untuk kendaraan melintas.

Wakil Ketua III PSHT Cabang Jember, Heri Sugiono, mengatakan, jajaran pengurus berencana melakukan pembongkaran 3 tugu, salah satunya di Pakusari atas arahan Pemkab Jember.

“Namun karena situasi tidak kondusif, dan juga berdampak pada pengguna jalan, akhirnya kami mengambil sikap yaitu tugu tidak jadi kita bongkar dan diganti dengan opsi yang lain,” jelasnya.

Ia khawatir situasi semakin memanas apabila pembongkaran tetap dilanjutkan. "Kalau seandainya ini terjadi pembongkaran, kemungkinan dampaknya akan lebih besar daripada ini,” jelas Heri.

Heri menyebutkan, sebenarnya ada dua pilihan untuk penertiban tugu perguruan itu, yakni dibongkar atau lambang perguruan ditutup dan diganti dengan Pancasila.

“Sebenarnya, ada tiga titik tugu yang mau dibongkar. Tapi yang di Kaliwates dan Bangsalsari disepakati untuk ditutup. Yang Pembongkaran cuma satu yang di Pakusari, karena ini adalah tanah negara,” urai Heri.

Sementara, menurut salah seorang warga PSHT Ranting Pakusari, Muhammad Fadil, dirinya menolak keras pembongkaran tugu yang merupakan simbol dari perguruannya.

Dirinya keberatan jika tugu yang dibangun dengan usaha keras kemudian dibongkar. "Ranting kami selama ini tidak pernah bermasalah, tetapi mengapa kok tugu kami yang dibongkar,” ujar Fadil.

Pihaknya bersikukuh mempertahankan tugu tersebut meskipun Pengurus PSHT Cabang Jember menghimbau dilakukan pembongkaran. “Kami akan bersiaga di sini sampai tidak adanya perintah pembongkaran lagi,” tukasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Pembongkaran Tugu PSHT ditolak Ranting Pakusari Cabang Jember