Dongkrak Industri Batik, Pj Wali Kota Mojokerto Resmikan Sentra IKM Batik Maja Barama Wastra

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

8 Februari 2024 03:17 8 Feb 2024 03:17

Thumbnail Dongkrak Industri Batik, Pj Wali Kota Mojokerto Resmikan Sentra IKM Batik Maja Barama Wastra Watermark Ketik
Pj Wali Kota Mojokerto Ali Kuncoro saat meresmikan Sentra IKM Batik Maja Barama Wastra. (Foto: Pemkot Mojokerto)

KETIK, MOJOKERTO – Penjabat (Pj) Wali Kota Mojokerto Ali Kuncoro meresmikan Sentra IKM Batik Maja Barama Wastra yang berlokasi di Jalan Kedungsari, Kelurahan Gunung Gedangan pada Rabu (7/2/2024).

Peresmian tersebut dihadiri pula oleh Dirjen IKMA Kementerian Perindustrian RI Reni Yanita dan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Provinsi Jawa Timur Muhammad Gunawan Saleh.

Ali Kuncoro mengatakan, peresmian Sentra IKM Batik Maja Barama Wastra ini diharapkan dapat mendongkrak perekonomian masyarakat terutama UMKM di Kota Mojokerto.

"Sentra IKM Batik ini semoga bisa menjadi sebuah semangat bagi kita, bagaimana perekonomian di Kota Mojokerto khususnya dalam industri batik," kata Ali.

Gedung Sentra IKM Batik Maja Barama Wastra ini memiliki luas sekitar 5.300 meter persegi. Nama Maja Bharama Wastra memiliki arti sebuah kain yang cantik, indah, elok yang berasal dari Majapahit. 

Dalam industri batik, selain motif dan corak salah satu hal yang harus diperhatikan adalah filosofi atau cerita di balik pembuatannya.

"Menurut saya yang menarik dari batik adalah storytelling. Jadi setiap batik itu harus diberi semacam catatan kecil siapa yang membuat, apa ide dasarnya dan dari mana itu justru yang akan membikin si pembeli tertarik," tambahnya.

Dalam kesempatan ini, Reni Yunita menyampaikan bahwa Sentra IKM Batik Maja Bharama Wastra merupakan sentra IKM Batik yang memiliki fasilitas lengkap diantara 201 sentra IKM Batik yang tersebar di 11 provinsi se-Indonesia.

"Harapan kami bangunan fisik yang sudah dibangun ini menjadi contoh sentra ikm batik lainnya di Indonesia. Bahwa sentra batik itu seperti yang dibangun di Kota Mojokerto," jelasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

UMKM Sentra IKM Batik Maja Barama Wastra peresmian Batik filosofi Ekonomi Ali Kuncoro
04. Home Sidebar 1
06. Home Sidebar 3 04. Home Sidebar 1