Dorong Siswa SD Baca Buku, Lima Mahasiswa Unesa Bikin Aplikasi LiteracyWorld

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: Muhammad Faizin

17 Juli 2024 18:30 17 Jul 2024 18:30

Thumbnail Dorong Siswa SD Baca Buku, Lima Mahasiswa Unesa Bikin Aplikasi LiteracyWorld Watermark Ketik
Mahasiswa dari Unesa membuat aplikasi LiteracyWorld untuk mendorong siswa membaca, Rabu (17/7/2024). (Foto: Khaesar/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Lima mahasiswa dari Universitas Negeri Surabaya (Unesa) membuat aplikasi LiteracyWorld guna untuk meningkatkan dan minat literasi dari anak sekolah dasar. Mereka adalah Keryn Syarifatul Laili, mahasiswa S1 Pendidikan bahasa Inggris; Intan Dewi Iksanti, mahasiswa S1 Ekonomi Islam; Farida Muthi’ah Fathin, mahasiswa D4 Manajemen Informatika; Sabrina Shanda Amarissa, mahasiswa S1 Gizi; dan Muhammad Yazid Al-Busthomi, mahasiswa S1 Pendidikan Sejarah.

"Kami melakukan penyuluhan aplikasi tersebut kepada guru-guru, agar dapat mendukung berjalannya metode gerakan literasi pada sekolah ini dengan aplikasi yang sudah ada kedepannya," ucap salah satu mahasiswa pembuat aplikasi LiteracyWorld, Keryn, Rabu (17/7/2024).

Keryn menjelaskan pembuatan aplikasi ini masuk dalam tim PKM-PM (Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian Masyarakat) di UPT SDN 203 Gresik, Jalan Raya Menunggal, Kecamatan Kedamean.

"Aplikasi ini untuk mendorong anak sekolah dasar untuk lebih senang membaca literasi," ucapnya.

Keryn menjelaskan para guru merasa gerakan literasi di sekolah yang sudah diterapkan kurang efektif. Hal ini terlihat dari cara siswa-siswi yang kurang fokus, dan kurang tertarik.

"Ketika gerakan tersebut dilakukan hanya membaca buku seperti biasa, buku-buku pojok literasi dan buku-buku paket untuk belajar disekolah pun dirasa memiliki gambar ilustrasi yang tidak banyak yang membuat siswa tidak tertarik untuk membaca," ucapnya.

Adanya aplikasi ini, guru-guru selain bertugas memantau dan melengkapi koleksi-koleksi buku untuk kegiatan literasi siswa. "Tidak hanya itu dengan adanya aplikasi ini guru juga belajar bagaimana mencari, serta mendownload video dari youtube, yang tentunya telah kita ajarkan pada kegiatan penyuluhan," beber Keryn.

Keryn berharap adanya aplikasi ini, bisa mendorong semangan siswa-siswi dalam menjalankan Gerakan literasi dimanapun, dan kapanpun. "Ini untuk menambah dan mendorong inovasi baru untuk kegiatan literasi pada UPT SDN 203 Gresik," ucapnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Unesa mahasiswa Aplikasi LiteracyWorld PKM-PM Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian Masyarakat UPT SDN 203 Gresik