Dugaan Gratifikasi, Kaesang dan Bobby Dilaporkan ke KPK

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Muhammad Faizin

7 September 2024 09:20 7 Sep 2024 09:20

Thumbnail Dugaan Gratifikasi, Kaesang dan Bobby Dilaporkan ke KPK Watermark Ketik
Gedung KPK Jakarta. (Foto: KPK.go.id)

KETIK, JAKARTA – Viralnya informasi soal Istri Kaesang Pangarep yang memposting gambar sedang menaiki jet pribadi jenis Gulfstream, terus berbuntut. Belum reda kontroversi kabar tersebut, warganet malah mendapati foto Bobby Nasution saat turun dari jet pribadi.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menerima laporan dugaan gratifikasi yang dilakukan Wali Kota Medan Bobby Nasution.

Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata mengatakan, laporan terhadap Kaesang itu tengah ditelaah Direktorat Penerimaan Layanan Pengaduan (PLPM).

“Kita tunggu saja, kan ada dua laporan, dan itu sudah diterima PLPM dan PLPM sudah menindaklanjuti, menelaah,” kata Alexander Marwata di Jakarta Selatan, Jumat 6 September 2024.

Dia mengatakan, tidak semua laporan yang telah ditelaah PLPM diteruskan kepada Direktorat Penindakan. Ia pun meminta semua pihak menunggu proses penelahaan tersebut.

“Tidak semuanya atau harus disampaikan ke Direktorat Penindakan, ada yang Direktorat Korsup, ada yang Direktorat Pencegahan. Tergantung nanti persoalan gimana. Makanya kita tunggu saja,” sambung Alex.

Juru bicara KPK Tessa Mahardika menyebut “Kalau per kapannya saya tidak bisa buka tapi informasi yang kami dapatkan ada (laporan terhadap Bobby),” ungkap Tessa, Jumat 6 September 2024.

Lebih lanjut, menurut Tessa, laporan dugaan gratifikasi terhadap Kaesang Pangarep dan Bobby Nasution tengah ditangani Direktorat Penerimaan Layanan Pengaduan Masyarakat (PLPM) di KPK.

“Jadi dua-duanya nih, untuk saudara K dan saudara BN atau BAN penanganan dugaan gratifikasinya sudah difokuskan di Direktorat PLPM. Direktorat Gratifikasi dalam hal ini dibawah Kedeputian Pencegahan membantu semua bahan yang masuk ke Direktorat PLPM,” ucapnya.

Tessa juga mempersilakan Kaesang dan Bobby untuk melakukan klarifikasi terhadap tuduhan tersebut. Mereka bisa memberikan penjelasan secara langsung ataupun melalui platform online kepada KPK.

“Di beberapa kesempatan juga, baik saya maupun pimpinan sudah menyampaikan silahkan menyampaikan klarifikasi melalui website kpk.go.id atau hadir langsung ke KPK. Silahkan saja,” tuturnya. (*) 

Tombol Google News

Tags:

Kaesang Pangarep Bobby Nasution jet pribadi Gulfstream Kasus Gratifikasi