Enak dan Lezat! Oleh-Oleh Khas Indramayu Ini Bisa Jadi Buah Tangan usai Mudik Lebaran

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

14 April 2024 00:03 14 Apr 2024 00:03

Thumbnail Enak dan Lezat! Oleh-Oleh Khas Indramayu Ini Bisa Jadi Buah Tangan usai Mudik Lebaran Watermark Ketik
Dodol Mangga. (Pemkab Indramayu)

KETIK, INDRAMAYU – Pulang dari kampung halaman untuk merayakan Idul Fitri merupakan hal yang menyenangkan, akan tetapi tentu saja akan terasa hambar jika kita tidak membawa oleh-oleh sebagai buah tangan.

Salah satu daerah yang memiliki beragam oleh-oleh khasnya yang menarik ialah Indramayu, Jawa Barat. Indramayu sendiri merupakan salah satu rute yang sering dilewati oleh pengendara saat arus mudik maupun arus balik.

Karena wilayahnya yang strategis, banyak pengendara yang mampir di kota ini untuk sekedar memberi oleh-oleh yang akan dibagikan kepada orang terdekat.

Berikut ini beberapa oleh-oleh khas Indramayu yang bisa dijadikan pilihan untuk buah tangan.

Foto Keripik bonggol pisang. (Foto: Bongsang)Keripik bonggol pisang. (Foto: Bongsang)

1. Kerupuk Bonggol Pisang

Salah satu oleh-oleh yang cukup unik dari Indramayu adalah kerupuk bonggol pisang. Sesuai namanya kerupuk ini terbuat dari bagian bonggol pisang yang biasanya hanya dianggap sampah oleh sebagian orang.

Akan tetapi berkat tangan kreatif dari masyarakat Desa Pringcala. Bonggol pisang tersebut berhasil diolah menjadi kudapan yang enak dan lezat.

2. Kue Koci

Kue ini terbuat dari bahan tepung ketan berbentuk prisma. Tepung ketan ini sendiri diisi dengan parutan kelapa yang sudah dimasak bersama dengan gula merah.

Selain gula merah anda juga bisa memilih isian lain seperti kacang hijau. Kue ini dibungkus menggunakan daun pisang dan dimasak dengan cara dikukus.

Foto Kue Koci. (Foto: Sajiansedap.grid.id)Kue Koci. (Foto: Sajiansedap.grid.id)

3. Ikan Kering

Karena posisi geografis yang berada di pesisir utara Jawa, tak heran jika Indramayu memiliki oleh oleh yang berbau hasil laut, salah satunya adalah ikan kering. Jika Anda ingin mencobanya, bisa membeli jenis teri belah ataupun teri nasi. Anda juga bisa mencoba untuk membeli japu manis yang telah diberi taburan ketumbar dan gula merah.

4. Kerupuk Kulit

Indramayu memiliki 2 jenis kerupuk kulit, yang pertama terbuat dari kulit ikan dan kedua terbuat dari kulit sapi. Walaupun dibuat tanpa menggunakan bahan pengawet, kerupuk ini bisa dibilang cukup awet untuk dibawa selama perjalanan jauh.

5. Dodol Mangga

Ternyata bukan hanya Garut yang memiliki olahan dodol, Indramayu juga memiliki oleh-oleh dodol yanv terbuat dari buah mangga. Dodol ini cukup unik karena terbuat dari berbagai macam mangga seperti mangga biasa, cengkir, harum manis, gedong gincu, dan juga mangga gajah.(*)

Tombol Google News

Tags:

oleh-oleh Pemudik Buah tangan Dodol Mangga Keripik bonggol pisang kue koci pantura
04. Home Sidebar 1
06. Home Sidebar 3 04. Home Sidebar 1