Erdogan Bahas Pasukan Turki Bakal Invasi Israel Demi Bela Palestina

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Mustopa

29 Juli 2024 11:10 29 Jul 2024 11:10

Thumbnail Erdogan Bahas Pasukan Turki Bakal Invasi Israel Demi Bela Palestina Watermark Ketik
Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan. (Foto: Akun X@RTErdogan)

KETIK, JAKARTA – Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan menegaskan kemungkinan mengirimkan pasukannya ke Israel, seperti yang telah dilakukan di Libya dan Nagorno-Karabakh. Ini dilakukan untuk "membantu" warga Palestina di sana.

Sebenarnya tak dijelaskan jenis intervensi yang akan dilakukan. Namun Erdogan selama ini menjadi kritikus keras serangan Israel di Gaza, dan mulai membahas perang itu dalam pidatonya yang memuji industri pertahanan negaranya.

"Kita harus sangat kuat agar Israel tidak dapat melakukan hal-hal konyol lagi terhadap Palestina. Sama seperti kita pernah memasuki Karabakh, sama seperti kita pernah memasuki Libya, kita mungkin melakukan hal yang sama kepada mereka," kata Erdogan dilansir India Today, Senin (29/7/2024)

"Tidak ada alasan mengapa kita tidak dapat melakukan ini. Kita harus kuat sehingga kita dapat mengambil langkah-langkah ini," sambungnya.

Sementara itu, merujuk data Anadolu Agency Minggu, angka warga Gaza yang tewas mencapai 39.300 sejak Oktober 2023 hingga sekarang. Sebanyak 90.830 orang dilaporkan terluka.

"Pasukan Israel menewaskan 66 orang dan melukai 241 lainnya dalam tiga 'pembantaian' dalam 24 jam terakhir," kata kementerian Gaza.

"Banyak orang masih terjebak di bawah reruntuhan dan di jalan karena tim penyelamat tidak dapat menjangkau mereka," tambahnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pasukan Turki gaza