Fakta Glutathione dan Manfaatnya Bagi Tubuh

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

21 Januari 2024 00:31 21 Jan 2024 00:31

Thumbnail Fakta Glutathione dan Manfaatnya Bagi Tubuh Watermark Ketik
Ilustrasi konsumsi suplemen makanan

KETIK, JAKARTA – Saat ini, di pasaran banyak beredar suplemen atau minuman instan yang diklaim mengandung glutathione. Kandungan glutathione dipercaya memiliki manfaat untuk mencerahkan kulit dan memperlambat proses penuaan. 

Dilansir dari WebMD, glutathione merupakan zat yang terbentuk dari tiga asam amino yakni sistein, glutamat dan glisin. Pada dasarnya zat tersebut bisa kita peroleh dari dalam tubuh sendiri, karena diproduksi oleh hati. 

Selain itu glutathione juga bisa didapatkan dari beberapa bahan makanan seperti buah-buahan, sayuran dan daging. Glutathione memiliki kegunaan untuk glutathione. 

Seiring bertambahnya usia, produksi glutathione dalam tubuh akan semakin berkurang. Oleh sebab itu, untuk mendapatkan glutathione yang cukup salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi suplemen glutathione.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini penjelasan lengkap mengenai manfaat glutathione bagi tubuh:

1. Sebagai Antioksidan 

Seperti yang disebutkan di atas, glutathione dapat menangkal radikal bebas. Kemampuan ini didapatkan karena glutathione memiliki sifat antioksidan yang juga memperkuat sistem kekebalan tubuh.

2. Melindungi Kulit dari Kerusakan Oksidatif

Kerusakan oksidatif dapat terjadi ketika antioksidan dan radikal bebas tidak seimbang dan bisa merusak jaringan lemak hingga protein dalam tubuh. Glutathione dapat melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif karena memiliki sifat antioksidan.

3. Detoksifikasi Alami

Glutathione memiliki sifat detoksifikasi alami. Zat ini dapat meningkatkan kesehatan sel-sel dalam tubuh dan mencegah terjadinya kerusakan.(*)

Tombol Google News

Tags:

kesehatan glutathione Perawatan Kulit suplemen makanan Antioksidan