FamilyMart Indonesia Buka 4 Cabang di Kota Malang, 90 Persen Pekerja Lokal

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Mustopa

28 Juni 2024 03:31 28 Jun 2024 03:31

Thumbnail FamilyMart Indonesia Buka 4 Cabang di Kota Malang, 90 Persen Pekerja Lokal Watermark Ketik
Produk UMKM Kota Malang yang dijual di FamilyMart Indonesia cabang Suhat. (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – FamilyMart Indonesia kini telah membuka empat cabang di Kota Malang. Pembukaan retail modern tersebut berhasil menyerap 90 persen pekerja yang merupakan warga asli Kota Malang. 

CEO FamilyMart Indonesia, Wirry Tjandra menjelaskan keinginannya untuk memberdayakan warga lokal Kota Malang. 

"Iya, jadi 90 persen pegawai outlet kami di Kota Malang ini merupakan warga Kota Malang. Nah yang 10 persennya, itu sementara akan diisi oleh pegawai Jakarta, supaya standar operasionalnya sesuai dengan yang di Jakarta.  Surabaya juga seperti itu," ujar Wirry saat pembukaan di cabang Suhat, Jumat (28/6/2024). 

Apabila standar operasional telah sesuai, Wirry mengupayakan agar 100 persen pekerja berasal dari Kota Malang. Pihaknya menargetkan dalam waktu tiga bulan ke depan harapan tersebut dapat terwujud. 

"Jadi setelah mereka kita latih dan bisa, kita akan menggantikan dengan tenaga kerja lokal sehingga ke depannya bisa 100 persen. Kami harapkan setelah 3 bulan nanti kami bisa mencapai itu," katanya. 

Tak hanya itu FamilyMart Indonesia juga membuka peluang bagi produk-produk UMKM Kota Malang untuk dipasarkan di tiap cabang. Bahkan terdapat rak khusus yang menyediakan produk UMKM Kota Malang. 

"Kami membuka kesempatan untuk berapapun produk UMKM masuk. Kami justru memberikan bimbingan untuk pelaku UMKM yang mau masuk ke kami, jadi packagingnya harus seperti apa, kemudian harus ada PIRT nya, dan lain-lain," ujarnya. 

Cabang FamilyMart yang ada di Kota Malang meliputi cabang Suhat, Kayutangan, Sawojajar, dan Kawi. Tak cukup dengan empat cabang, dalam waktu tiga bulan ia menargetkan untuk membuka dua gerai lagi di Kota Malang. 

Head of Grocery Merchandising PT Fajar Mitra Indah (FamilyMart Indonesia), Ria Monica menjelaskan pelaku UMKM dapat menghubungi tim PIC, Head Office yang ada di Embong Malang Surabaya untuk dapat memasarkan produknya. 

"Jadi nanti kirimkan sampel beserta pricelist langsung ke HO kami di Embong Malang, Surabaya. Jadi nanti langsung koordinasinya di sana," katanya. 

Head of Operation FamilyMart, Tulus Prasetio menjelaskan khusus di gerai Kayutangan dan Soekarno Hatta, pada trial open dibuka mulai pukul 06.00-23.00 di weekdays. Sedangkan di weekend, kami buka sampai pukul 00.00 WIB. 

"Kalau di dua gerai lainnya, yakni di Sawojajar dan Kawi, itu kami buka sampai pukul 22.00 WIB. Tapi kami juga akan mereview terkait jam operasional ini," kata Tulus. 

Sementara itu Pj Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat turut hadir meresmikan FamilyMart Indonesia cabang Suhat. Ia mengapresiasi itikad baik untuk menyertakan UMKM. 

"Salah satu permintaan UMKM adalah terkait dengan pemasaran. Ini salah satu bentuk kerjasama dengan mitra Kota Malang untuk bisa memasarkan produk UMKM Kota Malang," ujar Wahyu. 

Harga kebutuhan masyarakat yang ada di FamilyMart dinilai dapat bersaing dengan pasar. Harapannya kondisi tersebut dapat membantu menekan inflasi di Kota Malang. 

"Karena tadi harganya bersaing, tentu juga akan menjadi satu tujuan dari inflasi untuk bisa menekan daya beli masyarakat, lebih mudah. Jadi ada yang mencari bahan kebutuhan pokoknya, termasuk sebagai tempat mahasiswa yang bisa menikmati. Tentu termasuk keunggulan-keunggulannya, itu dari segi inflasi," tutupnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

FamilyMart Indonesia Retail Modern Kota Malang