Gaes, Ini Deretan Wisata Air Terjun yang Viral di Bogor

Jurnalis: Arief
Editor: Rudi

24 Juni 2023 19:10 24 Jun 2023 19:10

Thumbnail Gaes, Ini Deretan Wisata Air Terjun yang Viral di Bogor Watermark Ketik
Curug Ciburial memiliki air terjun yang kolamnya aman untuk berendam maupun berenang. (Foto: Instagram @curugciburial)

KETIK, JAKARTA – Kabupaten Bogor di Jawa Barat kerap menjadi tujuan wisata di akhir pekan. Utamanya warga Jakarta yang kerap healing ke Kota Hujan ini.

Puncak adalah salah satu tempat yang paling sering dikunjungi. Sebetulnya bukan hanya puncak yang kerap dijadikan jujukan wisata.

Ada beberapa curug atau air terjun di Kabupaten Bogor yang kerap viral di media sosial (medsos). Tak pelak sekelompok remaja dan rombongan keluarga kerap hadir. Di mana sih lokasinya? Ini dia tempatnya:

Lembah Tepus

Kecantikan lembah ini dilengkapi dengan aliran sungai yang melewati kolam alami dan tersusun berundak. Airnya sangat jernih hingga membuat dasar aliran sungai terlihat dengan jelas. Warna kehijauan berpadu dengan bebatuan yang ada di sekitar.

Lembah Tepus kerap menjadi jujugan wisata remaja yang getol mengisi konten di medsos. Lokasinya di Kecamatan Pamijahan atau kompleks Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGH) memberi kesan natural di sekitarnya.

Untuk masuk lokasi ini cukup membayar Rp10.000 dan tambahan Rp30.000 jika ingin menginap di camping ground. Tidak terlalu sulit akses ke Lembah Tepus, hanya akses menuju lokasi sedikit terjal.

Curug Ciburial

Air terjun ini bertetangga dengan dua curug lainnya, Leuwi Hejo dan Cibaliung. Curug Ciburial memiliki ketinggian air terjun hanya lima meter, namun memberi kesegaran yang asri kepada pengunjung.

Lokasi curug ini berada di Kecamatan Babakan Madang atau sekitar 32 KM dari jantung Kota Bogor. Cukup satu jam perjalanan untuk menuju lokasi.

Jalanan menuju lokasi wisata cukup licin. Namun pihak pengelola telah memberikan pengaman berupa tali sebagai pegangan. Cukup membayar Rp20.000, Anda sudah bisa berendam di sekitar kolam air terjun.

Leuwi dan Curug Hejo

Disebut Hejo karena airnya yang hijau jernih akibat pantulan sinar matahari. Leuwi Hejo yang berada di Sentul sangat populer di telinga wisatawan Jakarta maupun Bogor. Sementara jarak dari jantung kota Bogor menuju Cileungsi, Karang Tengah, Babakan Madang, Sentul, hanya 10 km.

Di sekitar kolam terdapat bebatuan besar yang berpadu dengan aliran sungai di Leuwi Hejo. Wistawan kerap menyebut Green Canyon, lantaran bebatuannya mirip dengan lokasi di Amerika Serikat.

Di tempat ini terdapat lima curug yang meliputi Curug Leuwi Hejo, Curug Baliung, Curug Leuwi Ciung, Curug Leuwi Cepet, dan Curug Leuwi Liek.

Curug Cilember

Mengutip Pemerintah Kabupaten Bogor, keunikan Curug Cilember adalah tujuh air terjun di lokasi yang berdekatan. Air terjun satu dengan lainnya berjarak 150-400 meter.

Curug Cilember sebenarnya memiliki satu sumber mata air yang kemudian terpecah dan mengalir menuju tujuh air terjun, dengan ketinggian berbeda. Hampir seluruh curug memiliki area kolam di bawah alirannya, sehingga dapat dimanfaatkan untuk berenang dan bermain air.

Daya tarik lainnya adalah taman kupu-kupu atau butterfly park yang tak jauh dari curug dan kompleks hutan pinus. Curug Cilember juga dilengkapi dengan camping ground dan jungle lodge, yakni vila untuk menginap. Tiket masuknya hanya Rp20.000 per orang, dan jika ingin menginap di camping ground cukup menambah Rp30.000. (*)

Tombol Google News

Tags:

Bogor Kabupaten Bogor healing curug ciburial leuwi hejo sentul curug cilember