Gubernur Mahyeldi Tinjau Infrastruktur Pelabuhan Teluk Tapang, Puji Kualitas Jalan

Jurnalis: Wawan Saputra
Editor: Muhammad Faizin

3 Agustus 2024 14:08 3 Agt 2024 14:08

Thumbnail Gubernur Mahyeldi Tinjau Infrastruktur Pelabuhan Teluk Tapang, Puji Kualitas Jalan Watermark Ketik
Gubernur Mahyeldi Ansharullah saat mengunjungi pelabuhan Teluk Tapang, Pasaman Barat. (Foto: Diskominfo Sumbar)

KETIK, PASAMAN BARAT – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah  meninjau sarana dan prasarana Pelabuhan Teluk Tapang, Air Bangis, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar),  Jumat (2/8/2024). 

Gubernur beserta rombongan bergerak dari Simpang Empat menuju pelabuhan Teluk Tapang, seusai menjadi Khatib Sholat Jumat di Masjid Agung Baitul Ilmi Simpang Empat.

Menurut Gubernur, kualitas jalan Teluk Tapang yang dibangun oleh Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Sumbar itu sangat bagus.
"Hari ini kita bersama Kepala BPJN Sumbar melihat perkembangan akses jalan menuju Teluk Tapang. Awalnya saya kira hanya diaspal, tapi ini pengerjaannya sangat luar biasa, sudah dibeton pula kiri kanan bahu jalannya," ujar Mahyeldi yang kerap disapa Buya itu. 

Ia menambahkan, pembangunan bahu jalan akan berdampak signifikan pada daya tahan jalan. 

Gubernur  menjelaskan akses jalan Air Bangis menuju Pelabuhan Teluk Tapang akan dibangun sepanjang 23,47 kilometer (km) dan sudah rampung 17,87 km. Sedangkan 6 km sisanya masih dalam tahap penggalian dan penimbunan.
Mahyeldi berjanji akan mengusulkan dana tambahan sebesar Rp 168 milliar bagi proyek tersebut. 

"Selain itu kita minta kepada segenap unsur, baik masyarakat terlebih lagi pemerintah kabupaten, agar melakukan gerakan penanaman pohon di sepanjang jalan ini," kata Mahyeldi.
Ia menyebut, penanaman pohon ditujukan untuk melindungi tebing tebing yang berpotensi longsor.

Mahyeldi menegaskan, keberadaan akses jalan pelabuhan Teluk Tapang sangat penting dalam menunjang aktivitas pengangkutan Crude Palm Oil (CPO) di Kabupaten Pasaman Barat. 

Ia menyebut, pada tahun 2025, Pemprov Sumbar melalui Dinas Perhubungan akan memulai pembangunan tanki timbun untuk kebutuhan pelabuhan.

Selain itu, Bupati Pasbar juga telah menghibahkan tanah seluas 168 hektare untuk penambahan infrastruktur pelabuhan. "Adapun terkait kebutuhan lainnya, seperti listrik, akan segera dikoordinasikan dengan PLN," katanya.

Untuk sarana pendidikan, pemerintah provinsi Sumbar telah membangun SMK 1 Perkapalan dan Pertambangan Sungai Beremas. Kelak para lulusan sekolah tersebut akan  diserap langsung oleh dunia kerja di Pelabuhan Air Bangis dan Pelabuhan Teluk Tapang.

Turut serta dalam kunjungan Gubernur, Sekretaris Daerah Sumbar, Hansastri; Kepala Bappeda, Medi Iswandi; Kepala Dinas Perhubungan, Dedi Diantolani; Kepala Dinas ESDM, Hery Martinus; Kepala Biro Adpim, Mursalim; Kepala Dinas BMCKTR, Era Sukma Munaf; Kepala Biro Umum Edi Dharma; Plt Dinas SDA BK Sumbar, Ahdiyarsyah; Sekda Kabupaten Pasaman Barat, Hendra Putra, serta  seluruh unsur Forkopimda Pasaman Barat. (*)

Tombol Google News

Tags:

Mahyeldi Sumbar Pelabuhan Teluk Tapang Pasaman Barat