Hampir Pulih Malah Dipanggil Timnas Lagi, Persebaya Khawatirkan Kondisi Ernando

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: M. Rifat

24 Maret 2024 07:22 24 Mar 2024 07:22

Thumbnail Hampir Pulih Malah Dipanggil Timnas Lagi, Persebaya Khawatirkan Kondisi Ernando Watermark Ketik
Ernando Ari Sutaryadi kiper Persebaya, Sabtu (23/3/2024). (Foto: Oficial Persebaya)

KETIK, SURABAYA – Persebaya mengkhawatirkan kiper andalannya Ernando Ari Sutaryadi yang harus berangkat membela Timnas Indonesia di Vietnam, Sabtu (23/3/2024). Kekhawatiran itu karena Nando masih belum pulih 100 persen usai alami cedera dislokasi bahu kanan yang ia alami bulan lalu.

”Kami mendapatkan surat dari PSSI pukul 02.44 WIB sabtu pagi tadi, saat sahur, kaget juga, Nando dalam surat itu dinyatakan sudah harus di Jakarta pada pukul 10.00 WIB untuk bertolak ke Vietnam,” kata Ram Surahman, sekretaris tim Persebaya.

Ram menjelaskan jika Jumat malam (22/3/2024) manajemen Persebaya ada komunikasi dengan perwakilan timnas mengenai kondisi Nando belum sepenuhnya fit. ”Sejak cedera itu, ia tidak pernah main dan menjalani latihan khusus,” kata Ram.

Meski Persebaya sudah memberikan penjelasan tentang kondisi Nando, ternyata PSSI tetap memanggil kiper kelahiran Semarang tersebut. Sabtu pagi (23/3/2024), pukul 02.44, bersamaan dengan sahur, masuk email surat dari PSSI yang isinya pemanggilan.

”Pada prinsipnya, jika agenda FIFA Matchday, kami akan mengirimkan pemain jika dipanggil timnas. Namun, perlu diketahui bersama, kondisi Nando masih dalam tahap pemulihan,” ucap Ram.

Karena itu, pagi tadi, Persebaya membalas surat PSSI. Persebaya mengembalikan posisi Nando akan dimainkan atau tidak ke PSSI. Persebaya juga mengirimkan diagnose dari tim dokter Persebaya tentang kondisi Nando ke PSSI.

”Nando seharusnya kami bawa ke rumah sakit Senin nanti (25/3/2024), untuk menjalani pemeriksaan lengkap, untuk menentukan statusnya apakah dia ready to play. Ternyata, hari ini sudah harus terbang ke Vietnam. Kami berharap PSSI dan Timnas bisa bijak dalam menentukan Nando bermain atau tidak terkait dengan kondisi bahunya,” tutup Ram.

Sebagai catatan, Nando sebelum cedera juga berbulan-bulan bersama timnas. Dalam rangkaian pemusatan latihan maupun pertandingan Piala Asia. Kembali ke Surabaya, beberapa hari, Nando bertanding melawan Bhayangkara dan cedera. Tidak pernah main lagi setelah itu. Kini, di saat nyaris sembuh, sudah harus bergabung lagi dengan timnas. (*)

Tags:

Ernando Kiper Persebaya Ernando cidera Timnas Indonesia sty shin tae-yong Indonesia Surabaya persebaya