Harga Cabai Merah Besar Tembus Rp 90 Ribu Per Kilogram di Kota Batu

Jurnalis: Sholeh
Editor: Mustopa

1 Februari 2024 13:35 1 Feb 2024 13:35

Thumbnail Harga Cabai Merah Besar Tembus Rp 90 Ribu Per Kilogram di Kota Batu Watermark Ketik
Pedagang cabai di pasar pagi kota Batu (Foto: Sholeh/ketik.co.id)

KETIK, BATU – Harga cabai merah besar melambung tinggi di Kota Batu. Hal itu berbanding terbalik dengan harga cabai rawit yang terus merosot.

Pantauan di pasar pagi Kota Batu, cabai merah besar saat ini tembus Rp 90 ribu per kilogram. Sedangkan, Harga cabai rawit saat ini berada di kisaran hingga Rp 40 ribu per kilogramnya.  

"Harga cabai rawit Desember 2023 lalu sempat menembus hingga Rp 100 ribu. Sekarang harga cabai rawit sudah turun cukup drastis," kata salah satu pedagang, Mutmainah, Kamis (1/2/2024).

Mutmainah mengaku harga cabai merah besar sudah menyentuh Rp 90 ribu perkilogramnya. Kenaikan harga cabai merah mulai terjadi sejak awal Januari hingga saat ini masih terus merambah naik. Biasanya, harga cabai merah hanya Rp 15 ribu per kilogram.

“Hampir satu bulan ini harga terus naik gak mau turun. Jadi banyak pelanggan yang mengurangi jumlah beli. Jika biasanya membeli 1 kilogram, menjadi setengah kilogram," tambah Mutmainah.

Menurut Mutmainah, harga cabai merah besar melambung tinggi lantaran kondisi cuaca saat ini. Dikatakannya, tanaman cabai sangat mudah terserang penyakit saat musim hujan. Apalagi, Hama busuk buah pada cabai yang muncul ketika musim hujan 

 “Mungkin banyak petani yang gagal panen. Makanya, jumlah yang dipanen dengan yang dibutuhkan tidak sebanding. Kami berharap harga cabai merah besar ini segera normal. Supaya omzet kembali naik," pungkasnya.(*)

Tags:

Kota Batu Cabai rawit Cabai merah besar