Harga Telur dan Daging Ayam Melonjak, Ini Langkah Disperindag Kota Pasuruan

Jurnalis: Ahmad Zainurrifan
Editor: Marno

25 Mei 2023 10:05 25 Mei 2023 10:05

Thumbnail Harga Telur dan Daging Ayam Melonjak, Ini Langkah Disperindag Kota Pasuruan Watermark Ketik
Pedagang daging ayam di pasar tradisional Kota Pasuruan. (Foto: Ahmad Zainurrifan/Ketik.co.id)

KETIK, PASURUAN – Harga sembako terus merangkak naik. Khususnya harga telur dan ayam yang kenaikannya paling tinggi.

Hasil pantauan di pasar tradisional Kota Pasuruan pada Rabu (24/5/2023). Para pedagang mengeluh. Pasalnya harga kulakan telur dan daging ayam kenaikkannya drastis.

Harga daging ayam naik menjadi Rp 38 ribu per kilogramnya. Sebelumnya hanya Rp 32 ribu per kilogram.

Hj Rossi, salah satu penjual daging ayam di Pasar Gading mengatakan, harga daging ayam mulai naik sejak sepekan yang lalu. Menurutnya, harga tersebut terus mengalami kenaikan hingga saat ini. "Sejak sepekan yang lalu kalau daging ayam, naiknya pelan-pelan," kata Hj Rosi

Senada disampaikan Nur, salah satu pembeli juga mengeluhkan naiknya harga daging ayam itu. Harga eceran di beberapa toko kelontong di Kota Pasuruan malah berada di Rp 40 ribu per kilogram."Saya beli itu seperempat harganya Rp10 ribu, jadi kalau ecer Rp 40 ribu per kilogram," tutur Nur. 

Sementara itu, Riski Pramita, Kabid Perdagangan Disperindag Kota Pasuruan mengatakan, harga daging ayam di seluruh pasar di Kota Pasuruan masih terpantau tinggi. 

Menurutnya, penyebab kenaikan harga daging ayam tersebut disebabkan oleh stok Day Old Chicken (DOC) atau anak ayam umur sehari yang disetor ke beberapa peternakan sudah berkurang sebelum bulan puasa lalu. Selain itu, harga pakan ayam juga masih tinggi. 

"Imbasnya, stok DOC berkurang dan harga pakan naik menjadi penyebab harga daging ayam ini masih tinggi," ujar Riski. 

Oleh karena itu, pihaknya akan terus memantau harga daging ayam hingga harganya normal kembali. Disperindag Kota Pasuruan juga akan berkordinasi dengan sejumlah rumah pemotongan ayam agar bisa memberikan stok daging ayam. 

"Kalau masih harga masih tinggi, rencana kami akan buka pasar murah untuk daging ayam," ungkapnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Harga telur naik harga daging ayam Diperindag Pasuruan