Hari Keempat (23/11) Piala Dunia 2022, Giliran Jepang Bikin Kejutan

Editor: M. Rifat

23 November 2022 22:54 23 Nov 2022 22:54

Thumbnail Hari Keempat (23/11) Piala Dunia 2022, Giliran Jepang Bikin Kejutan Watermark Ketik
Para pemain Jepang merayakan kemenangan atas Jerman 2-1 di fase grup E Piala Dunia 2022 Qatar (23/11). (Foto:FIFA.com)

KETIK, SURABAYA – Kejutan kembali tercipta di Piala Dunia 2022 Qatar. Setelah Selasa kemarin (22/11) Argentina dibungkam Arab Saudi 1-2, kali ini giliran tim raksasa Jerman yang harus bertekuk lutut di hadapan wakil Asia Jepang pada Rabu malam (23/11). Tampil pada laga fase grup E di Khalifa International Stadium, Der Panzer, julukan Jerman harus mengakui keunggulan Jepang dengan skor 2-1.

Penyerang Jerman Ilkay Gundogan membawa Jerman unggul lebih dulu lewat tendangan penalti pada menit ke-33. Penalti didapat Jerman usai David Raum dilanggar di kotak terlarang.

Jerman sejatinya mendapatkan peluang emas untuk memperbesar keunggulan menjadi 2-0 pada menit ke-61. Namun, tendangan Gundogan ke pojok kiri gawang masih mengenai tiang gawang.

Jepang akhirnya menyamakan kedudukan pada menit ke-75. Pemain pengganti Ritsu Doan sukses memanfaatkan bola muntah tepisan kiper Jerman Manuel Neuer. Setelah itu, mimpi buruk bagi Jerman datang pada menit ke-84.

Saat itu Jepang berbalik unggul. Umpan terukur bek tengah Ko Itakura membuat Takuma Asano lolos dari jebakan offside. Dia lantas dengan tenang membobol gawang Neuer dari sudut sempit untuk mengubah skor jadi 2-1.Kemenangan atas Jerman membuat Jepang sementara memuncaki klasemen grup E.

Foto Penyerang Prancis Olivier Giroud merayakan gol ke gawang Australia (23/11). (Foto: FIFA.com)Penyerang Prancis Olivier Giroud merayakan gol ke gawang Australia (23/11). (Foto: FIFA.com)

Hasil Laga Lain:

Grup D

Prancis vs Australia 4-1

Juara bertahan Prancis selamat dari kejutan awal. Mereka memulai debut di laga pertama Piala Dunia 2022 Qatar fase grup D dengan kemenangan telak 4-1 atas Australia di Stadion Al Janoub (23/11).

Penyerang Prancis Olivier Giroud memborong dua gol untuk mencetak gol internasionalnya yang ke-50 (menit ke-32) dan ke-51 (menit ke-71). Dua gol itu sekaligus membuatnya menyamai Thierry Henry di puncak daftar pencetak gol terbanyak sepanjang masa Les Bleus, julukan timnas Prancis.

Dua gol Prancis lainnya masing-masing dicetak Adrian Rabiot dan Kylian Mbappe. Masing-masing pada menit ke-27 dan ke-68.

Prancis sempat terkejut di awal laga. Socceroos, julukan timnas Australia merebut keunggulan lebih dulu pada menit kedelapan melalui tendangan Craig Goodwin. Ini sekaligus tercatat menjadi kebobolan Prancis paling awal selama mengikuti ajang Piala Dunia sejak edisi 1982. "Ini awal yang baik bagi kami. Kini kami menanti ujian selanjutnya," ucap Didier Deschamps, pelatih Prancis dilansir situs resmi FIFA.

Grup C

Meksiko vs Polandia 0-0

Bomber Polandia Robert Lewandowski gagal mencetak gol Piala Dunia pertamanya. Adalah kiper Meksiko Guillermo Ochoa yang menggagal itu. Ochoa menyelamatkan gawang Meksiko dari tendangan penalti Lewandowski di menit ke-58 babak kedua. Itu sekaligus membuat Meksiko memaksa Polandia berbagi satu poin dari laga ini.

Upaya Lewandowski dari tendangan titik putih 11 meter itu adalah satu dari hanya dua upaya tepat sasaran Polandia. Namun, di lain sisi Meksiko juga gagal menciptakan peluang gol sepanjang laga.

Lewandowski sampai saat ini memegang rekor pencetak gol terbanyak untuk Polandia dengan 76 gol internasional. Namun, tak satupun tercipta di ajang Piala Dunia. Penantiannya untuk gol perdana di Piala Dunia berlanjut di laga Polandia selanjutnya melawan Arab Saudi pada Sabtu (26/11).

Grup F

Maroko vs Kroasia 0-0

Keseruan terjadi sepanjang laga, sayangnya tak ada gol tercipta di Stadion Al Bayt saat Maroko dan Kroasia membuka kampanye Qatar 2022 mereka di fase grup F.

Kedua tim awalnya tampak bermain terlalu berhati-hati. Peluang nyaris tidak ada sepanjang pertandingan yang menegangkan dan berlangsung seimbang. KIper Maroko Yassine Bono menghasilkan satu penyelamatan besar saat menggagalkan upaya Nikola Vlasic di akhir babak pertama.

Kroasia yang merupakan finalis Piala Dunia edisi 2018 sebenarnya mendominasi penguasaan bola. Mereka melakukannya dengan mencapai 57 persen. Namun, tembakan mereka ke arah gawang terallu sedikit dengan hanya 6. Yang tepat sasaran malah hanya dua.(*)
 

Tags:

Piala Dunia 2022 qatar Jepang Jerman