Hari Olahraga Nasional 2024, Jokowi Ungkap Pentingnya Sportivitas dan Integritas

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Muhammad Faizin

9 September 2024 15:00 9 Sep 2024 15:00

Thumbnail Hari Olahraga Nasional 2024, Jokowi Ungkap Pentingnya Sportivitas dan Integritas Watermark Ketik
Ucapan Hari Olahraga Nasional dari Presiden Joko Widodo. (Foto: X @jokowi)

KETIK, JAKARTA – Hari Olahraga Nasional Indonesia diperingati pada 9 September 2024 peringatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya olahraga bagi kesehatan dan kesejahteraan masyarakat serta
memajukan prestasi olahraga nasional.

Presiden Joko Widodo mengucapkan selamat Hari Olahraga Nasional! Hari ini adalah momentum untuk para atlet dan penggemar olahraga.

"Agar selalu mengutamakan semangat sportivitas, integritas, dan kerja keras dalam mencapai prestasi terbaik," tulisnya dikutip dari X @jokowi.

Jokowi mengucapkan salam hormat untuk para atlet yang telah mengharumkan nama bangsa.

"Semoga semangat olahraga terus menjadi bagian dari kehidupan kita demi bangsa yang lebih sehat dan kuat," ujarnya.

Sejarah Hari Olahraga Nasional

Sejarah Hari Olahraga Nasional (Haornas) berawal dari keberhasilan Indonesia dalam mengadakan Pekan Olahraga Nasional (PON) pertama pada 9 September 1948 di Surakarta, Jawa Tengah.

Pada masa itu, Indonesia masih berjuang untuk mendapatkan pengakuan kedaulatan dari dunia internasional pasca-proklamasi kemerdekaan pada 1945.

PON 1948 diadakan sebagai bentuk pembuktian bahwa Indonesia sudah mandiri dan mampu mengorganisir kegiatan olahraga berskala nasional, meskipun negara belum sepenuhnya stabil dari segi politik dan ekonomi.

Dalam rangka mengenang peristiwa penting ini, pemerintah melalui Keputusan Presiden No. 67 Tahun 1985 menetapkan tanggal 9 September sebagai Hari Olahraga Nasional.

Peringatan Haornas bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya olahraga sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari dan sebagai salah satu sarana membangun bangsa.

Setiap tahunnya, Haornas diperingati dengan tema-tema yang mendukung pengembangan prestasi olahraga nasional serta mempromosikan gaya hidup sehat di kalangan masyarakat Indonesia.

Tombol Google News

Tags:

Hari Olahraga Nasional Haornas Jokowi Presiden Joko Widodo Prestasi olahraga