Hari Sumpah Pemuda di Pacitan: Kaum Muda Diingatkan Pentingnya Kolaborasi Membangun Negeri

Jurnalis: Al Ahmadi
Editor: Muhammad Faizin

30 Oktober 2023 11:52 30 Okt 2023 11:52

Thumbnail Hari Sumpah Pemuda di Pacitan: Kaum Muda Diingatkan Pentingnya Kolaborasi Membangun Negeri Watermark Ketik
Bupati Pacitan, Indrata Nur Bayuaji saat memberikan sambutan dalam upacara peringatan hari sumpah pemuda. (Foto: Prokopim Pacitan)

KETIK, PACITAN – Kolaborasi membangun negeri menjadi salah satu pesan refleksi dalam Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. 

"Strategi paling ampuh adalah dengan tolong-menolong lintas generasi dan gotong royong lintas sektor," kata Bupati Pacitan, Indrata Nur Bayuaji saat memberikan sambutan upacara di halaman Pendapa Kabupaten Pacitan, Senin (30/10/2023).

Orang nomor satu di Pacitan itu menjelaskan bahwa pemuda memiliki peran penting dalam pembangunan bangsa. Oleh karena itu, para pemuda harus memiliki visi, misi, dan peran strategis untuk 30 tahun mendatang.

"Marilah kita jadikan momentum ini sebagai memomentun semangat kolaborasi dalam memajukan negeri," imbuhnya.

Selain itu, Mas Aji sapaan akrabnya juga mengingatkan para pemuda untuk mengikuti perkembangan zaman yang saat ini serba memakai teknologi informasi.

"Demikian sosio politik kultural, bisnis bagaimana harus menjadi perhatian. Intinya bagaimana pemuda harus menguasai teknologi," terangnya.

Foto Prosesi pengibaran bendera di Halaman Pendopo Kabupaten Pacitan. (Foto: Prokopim)Prosesi pengibaran bendera di Halaman Pendopo Kabupaten Pacitan. (Foto: Prokopim Pacitan)

Mas Aji juga mengajak para pemuda untuk memupuk rasa gotong-royong sesama.

"Agar pembangunan lebih cepat sangat diperlukan memupuk rasa persatuan, tolong menolong dan gotong royong sesama," tambahnya.

Upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 di Kabupaten Pacitan bertajuk "Bersama Majukan Indonesia". Tema ini dipilih untuk mengajak para pemuda untuk bersatu padu dalam memajukan bangsa.

Dalam kesempatan tersebut, juga diserahkan kejuaraan lomba orasi pemuda se-Kabupaten Pacitan. Juara 1 tingkat SLTP diraih oleh Izhaa Nur Riztiayanti, juara 1 tingkat SLTA diraih Septian Surya Daffa, dan juara 1 umum diraih Anzaki Wakhid Nur Rohman.

Para pemenang lomba orasi pemuda tersebut mendapatkan piala, piagam penghargaan, dan uang pembinaan. Pun bagi mereka yang meraih juara dalam lomba orasi pemuda tersebut harapannya dapat menjadi contoh dan teladan bagi pemuda lainnya.

"Semoga para pemuda dapat terus berkarya dan berprestasi, serta menjadi agen perubahan yang membawa kemajuan bagi bangsa," tutup Bupati Pacitan. (*)

Tombol Google News

Tags:

Hari Sumpah Pemuda di Pacitan pacitan Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji Mas Aji Kolaborasi membangun negeri