Hasil Udang Melimpah, Warga Desa Pucuan Sidoarjo Dapat Pelatihan untuk Mengolah

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: M. Rifat

11 September 2024 15:05 11 Sep 2024 15:05

Thumbnail Hasil Udang Melimpah, Warga Desa Pucuan Sidoarjo Dapat Pelatihan untuk Mengolah Watermark Ketik
Mahasiswa Unusa saat memberikan pelatihan pengelolaan udang ke warga desa Pucuan Sidoarjo, Rabu, 11 September 2024. (Foto: Khaesar/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Himpunan Mahasiswa Manajemen dan Hima Kesehatan Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) memberikan pelatihan pengolahan udang ke masyarakat Desa Pucuan, Kabupaten Sidoarjo.

Ini bagian dari Program Penguatan Kapasitas Ormawa (PPKO). Kegiatannya melatih masyarakat setempat untuk mengolah makanan dengan bahan dasar udang.

Alasannya kegiatan ini diadakan karena masyarakat Desa Pucuan kebanyakan bermata pencaharian sebagai nelayan yang mendapatkan hasil ikan kakap dan udang.

"Kami memberikan pelatihan bagaimana pengolahan udang ini agar tidak hanya dijual mentah namun dalam bentuk olahan, sehingga mempunyai nilai jual yang lebih tinggi," ujar salah satu perwakilan mahasiswa, Manda, Rabu, 11 September 2024.

Udang hasil tangkapan, lanjut Manda, bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan. Nah, makanan yang menurut mahasiswa bisa berpotensi memiliki nilai jual tinggi ialah makanan ringan. Seperti keripik, kerupuk hingga jajanan snack lainnya.

"Pelatihan dilakukan dalam kurun waktu empat bulan terhitung sejak Juli kemarin," ucapnya.

Mahasiswa tidak hanya mengajarkan masyarakat cara mengolah udang menjadi produk yang lebih inovatif. Namun, masyarakat juga diajarkan proses pengemasan hingga pemasaran.

"Kami berharap langkah ini menjadi awal agar masyarakat desa bisa menjadi desa wirausaha mandiri," pungkas dia. (*)

Tombol Google News

Tags:

Unusa PKKO desa Pucuan Sidoarjo mahasiswa pengelolaan udang