Hati-Hati! Inilah Penyebab Piston Mobil Bengkok

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

16 Maret 2024 09:07 16 Mar 2024 09:07

Thumbnail Hati-Hati! Inilah Penyebab Piston Mobil Bengkok Watermark Ketik
Ilustrasi piston. (Foto: Freepik)

KETIK, JAKARTA – Piston mobil merupakan salah satu komponen penting dalam mesin yang berfungsi untuk mengubah energi panas menjadi energi mekanik yang nantinya akan menggerakkan mobil. 

Karena itu, piston mobil harus dirawat agar tidak sampai bengkok. Bila itu terjadi, mobil tidak akan bisa bergerak dan digunakan.

Selain itu jika tidak ditangani dengan cepat, piston mobil yang bengkok akan merusak part lain yang akan semakin memperbesar biaya perbaikan.

Oleh karena itu, penting untuk memahami penyebab piston mobil bengkok. Berikut ini adalah 5 penyebab piston bengkok yang wajib diwaspadahi.

1. Overheating Mesin

Penyebab piston bengkok yang paling sering adalah overheating mesin atau dikenal juga dengan mesin yang terlalu panas. Panas yang terlalu tinggi pada mesin dapat merusak beragam komponen salah satunya piston. 

Ketika mesin overheating, suhu yang tinggi dapat menyebabkan perubahan struktur logam pada piston, membuatnya menjadi lebih lemah dan rentan terhadap deformasi. 

2. Pembakaran tidak seimbang

Pembakaran yang tidak seimbang juga menjadi penyebab piston bengkok. Hal ini dikarenakan perbandingan bahan bakar dan udara dalam ruang bakar tidak optimal.

Pembakaran yang tidak optiman ini bisa disebabkan oleh banyak hal seperti sistem injeksi yang rusak, kebocoran pada air intake dan sensor pembakaran yang rusak.

3. Bahan bakar yang tidak sesuai

Penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai dengan spesifikasi motor juga menjadi penyebab piston bengkok. Hal ini karena bahan bakar yang tidak sesuai akan membuat pembakaran menjadi tidak sempurna.

Hasilnya pembakaran yang tidak sempurna dapat meningkatkan suhu mesin secara signifikan, terutama pada bagian piston yang terpapar langsung dengan panas pembakaran. Lalu lama kelamaan piston akan rusak karena terpapar suhu panas terus menerus.

4. Jarang ganti oli

Oli memiliki peran penting dalam menjaga performa mesin mobil. Oli berguna untuk melumasi komponen mesin salah satunya piston.

Oli yang jarang diganti tentu tidak memiliki daya lumas yang baik pada mesin. Akibatnya akan meningkatkan gesekan antar komponen seperti piston yang akan meningkatkan suhu mesin, yang akan berujung pada kerusakan mesin salah satunya piston bengkok.

5. Pemakaian yang terlalu ektrem

Pemakaian yang terlalu ektrem pada kendaraan juga menjadi faktor yang menyebabkan piston bengkok. Pemakaian ektrem ini meliputi mengemudi dengan kecepatan tinggi secara konstan, menarik beban yang berlebihan, atau sering mengalami pemanasan dan pendinginan yang ekstrem.(*)

Tags:

otomotif piston bengkok Mesin mobil overheating Mesin oli BBM