Heboh Anak Stunting Sidoarjo Dapat Telur 'Berjamur', Isinya Ternyata Bagus

Jurnalis: Fathur Roziq
Editor: Mustopa

8 Agustus 2023 13:15 8 Agt 2023 13:15

Thumbnail Heboh Anak Stunting Sidoarjo Dapat Telur 'Berjamur', Isinya Ternyata Bagus Watermark Ketik
Telur ayam bantuan untuk pencegahan stunting yang ditemukan saat pembagian di Kecamatan Tulangan pada Selasa (8/8//2023). Ada yang bertanggal 30 Juli. Ada yang bertanggal 30 Agustus. (Foto: screens shoot video)

KETIK, SIDOARJO – Penyaluran bantuan permakanan telur dan ayam untuk anak-anak stunting (gagal tumbuh) maupun pencegahan stunting menimbulkan kehebohan. Sebab, tanggal di kemasan tertulis 30 Juli 2023. Di kulit telur ada bercak noda putih. Namun, setelah dipecah dan dicek, isinya dianggap masih bagus.

Telur dengan noda putih mirip jamur itu, antara lain, ditemukan di Kecamatan Tulangan dan Wonoayu, Kabupaten Sidoarjo. Noda itu diketahui saat telur hendak dibagikan. Tidak semuanya memang bernoda. Tapi, ada telur ayam dalam kemasan plastik itu yang terlihat ada bercak putih.

”Ini patut menjadi evaluasi sebelum penyaluran bantuan,” ungkap H Dhamroni Chudori, legislator Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) asal Kecamatan Tulangan.

Bantuan tersebut berasal dari pemerintah pusat, bukan dari Pemkab Sidoarjo. Pembagian telur itu, lanjut dia, dilakukan di Kantor Kecamatan Tulangan. Telur-telur ayam dalam kemasan itu masing-masing 10 butir. Satu anak mendapatkan 20 butir, dan ada juga daging ayam.

Apa tindakan petugas? Dia meminta telur-telur yang terlihat bernoda putih itu tidak dibagikan, dan lebih baik diganti dengan telur yang tampak masih bagus. Petugas kemudian menarik telur-telur yang tampak seperti berjamur untuk diganti telur lain.

Di kemasan plastik tertulis tanggal berbeda, masing-masing tanggal 30 Juli dan 30 Agustus 2023. Kondisi kulit telur juga tidak sama, ada yang tampak bernoda, ada pula yang tidak. 

Semula, ada yang menyebut tanggal di kemasan itu merupakan tanggal kedaluwarsa atau expired, ada pula yang menyebutnya tanggal pengemasan. Tapi, ternyata ada yang tertulis tanggal 30 Agustus.

”Daripada terjadi apa-apa dengan anak-anak, lebih baik diganti yang masih bagus,” ungkap Dhamroni.

Di Desa Sawocangkring, Kecamatan Wonoayu, ditemukan hal yang sama. Menurut Ketua BUMDes Sawocangkring M. Tanreha, petugas pembagi telur sudah tahu sebelum pembagian pada Selasa (8/8/2023). Ada telur yang di kemasannya tertulis 30 Juli, ada juga 30 Agustus. Petugas sempat ragu-ragu.

Telur pun dipecah untuk diperiksa, ternyata kondisinya masih bagus. Akhirnya telur tersebut tetap dibagikan kepada keluarga mereka yang punya anak stunting atau yang rawan stunting.

Foto Telur ayam bantuan untuk pencegahan stunting yang dibagikan di Desa Sawocangkring, Kecamatan Wonoayu, pada Selasa (8/8//2023). (Foto: Tanreha for Ketik.co.id)Telur ayam bantuan untuk pencegahan stunting yang dibagikan di Desa Sawocangkring, Kecamatan Wonoayu, pada Selasa (8/8//2023). (Foto: Tanreha for Ketik.co.id)

Selasa petang (8/8/2023), Tanreha yang juga ketua RT 11/RW 04 Desa Sawocangkring itu mengajak kepala desa untuk mengecek lagi ke para penerima telur. Mereka juga diminta mengecek kondisi telur tersebut.

”Alhamdulillah, sampai sekarang (Selasa sore) tidak ada keluhan. Tidak ada masalah,” ungkapnya.

Ketua Komisi D (Kesejahteraan Rakyat) DPRD Sidoarjo Abdillah Nasih mengatakan, kondisi seperti ini hendaknya bisa diantisipasi oleh organisasi perangkat daerah (OPD) terkait. Lebih-lebih yang terlibat sebagai leading sector pencegahan dan penanganan stunting.

”Memang bantuan dari pusat. Tapi, alangkah baiknya dinas terkait itu mengecek bantuan sebelum dibagikan,” ujarnya.

Sementara sekretaris Komisi D H Bangun Winarso mengatakan, paling tidak dinas terkait ikut mengawasi pembagian bantuan tersebut. Sebab, kasus di daerah lain, ada juga bantuan untuk penanganan stunting dari pusat. Daging ayam dan telur dikirim dari luar daerah, kondisi ayam sudah berubah, tidak segar lagi.

”Dinas mestinya ikut mengawasi,” ujarnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

sidoarjo Stunting Balita Stunting Anak Stunting Kabupaten Sidoarjo DPRD Sidoarjo Pemkab Sidoarjo Kecamatan Tulangan Kecamatan Wonoayu Dinkes Sidoarjo