HKTI Lumajang Ajak Petani Kelola Pertanian dengan Cerdas dan Inovatif

Jurnalis: Abdul Fatah
Editor: Muhammad Faizin

27 April 2024 06:02 27 Apr 2024 06:02

Thumbnail HKTI Lumajang Ajak Petani Kelola Pertanian dengan Cerdas dan Inovatif Watermark Ketik
Ishak Subagyo, Ketua HKTI Lumajang (Foto : Abdul Fatah / Ketik)

KETIK, LUMAJANG – Ketua HKTI Lumajang Ishak Subagyo mengajak warga Lumajang untuk bangga menjadi petani dan bekerja dengan cerdas, kreatif dan inovatif.

Hal ini disampaikan Ishak Subagyo kepada Ketik.co.id, karena Lumajang selama ini merupakan lumbung pangan di Jawa Timur. Diharapkan petani Lumajang tetap mempertahankan posisi sebagai salah satu kabupaten penyedia pangan, khususnya melalui produksi beras yang sangat tinggi.

"Saya mengajak warga Lumajang untuk tetap bangga menjadi petani, namun di sisi lain harus mulai digagas pertanian yang cerdas, kreatif dan inovatif sehingga produk pertanian di Lumajang memiliki daya saing yang tinggi karena kualitasnya," kata Ishak Subagyo.

Saat ini, Ishak Subagyo juga menggagas lembaga Konco Tani Lumajang, sebagai wadah petani millenial, yang ke depan diharapkan bisa menghadapi tantangan global bidang pertanian.

"Saya sangat berharap melalui Konco Tani Lumajang ini, anak-anak muda dan kelompok millenial bisa menggagas pertanian yang innovatif sehingga dengan potensi yang ada bisa dimaksimalkan, tantangan yang ada bisa dihadapi dengan inovasi," kata Ishak Subagyo kemudian.

Ishak juga mengatakan, salah satu tantangan yang sering dihadapai petani Lumajang adalah ketersediaan pupuk, yang sering menjadi kendala saat musim tanam.

"Kondisi inilah yang kami harapkan bisa dihadapi dengan inovasi, sehingga ketergantungan pada pupuk subsidi bisa terus ditekan," ujarya kemudian. (*) 

Tombol Google News

Tags:

HKTI Lumajang Ishak Subagyo berita lumajang hari ini Lumajang Pertanian petani