Honda Berkejaran dengan Waktu Cari Pengganti Marquez

Jurnalis: M. Rifat
Editor: Mustopa

4 Oktober 2023 22:36 4 Okt 2023 22:36

Thumbnail Honda Berkejaran dengan Waktu Cari Pengganti Marquez Watermark Ketik
Dari kiri atas, Maverick Vinales, Johann Zarco, Miguel Oliveire, Jake Dixon dan Iker Lecuona. (Foto: Crash.net)

KETIK, JAKARTA – Kepastian Marc Marquez berpisah dengan Honda mulai MotoGP musim depan langsung membuat peta pergeseran pembalap MotoGP untuk musim 2024 berputar lebih cepat.

Dikabarkan media-media Eropa, Honda kini sedang berkejaran dengan waktu berburu pembalap berpengalaman yang dianggap mampu mengisi posisi yang ditinggal Marquez di tim utama mereka Repsol Honda musim depan.

Honda bahkan disebut tampak sedang kalut. Media-media Eropa seperti Crash, DAZN, Speedweek ramai-ramai melaporkan banyak pembalap MotoGP kini sudah mendapat telepon dari Honda dan ditawari untuk gabung.

"Alarm di Honda sedang berbunyi. Sepertinya mereka sudah menghubungi semua pembalap di MotoGP," tulis Speedweek dalam laporan mereka.

Speedweek menyebut pembalap RNF Aprilia Miguel Oliveira jadi salah satu rider yang sudah dikontak Honda. Maverick Vinales (Aprilia) dan Pedro Acosta (Moto2, Red Bull KTM Ajo) juga masuk dalam daftar panggilan tim pabrikan asal Jepang tersebut.

Crash menyebut juga terbuka opsi untuk mengalihkan Johann Zarco ke Repsol Honda tahun depan. Bulan lalu pembalap asal Prancis itu baru teken kontrak pindah dari Pramac Ducati ke tim satelit Honda yakni LCR untuk menggantikan Alex Rins yang musim depan hijrah ke Monster Energy Yamaha.

"Zarco kini menjadi opsi paling aman menjadi rekan setim Joan Mir musim depan," tulis Crash.

Sebelumnya, rider Honda di WSBK Iker Lecuona dan pembalap Moto2 Jake Dixon disebut masuk radar pengganti Marquez. Kini keduanya dikabarkan berpeluang masuk ke LCR menggantikan posisi Zarco.

Honda Resmi Pisah dengan Marc Marquez

Dikabarkan sebelumnya, Honda secara resmi mengumumkan Marquez meninggalkan mereka di akhir musim 2023 ini.

Sesuai dengan rumor selama ini, pembalap 30 tahun itu disebut-sebut akan gabung dengan adik kandungnya yakni Alex Marquez di tim Gresini Ducati mulai musim depan.

"Honda Racing Corporation dan Marc Marquez sepakat untuk mengakhiri kerja sama setahun lebih cepat dari kontrak empat tahun yang saat ini sedang berjalan," tulis Honda dalam rilis mereka.

"Ini akan menjadi akhir dari 11 tahun kebersamaan #93 (nomor motor Marquez) dengan HRC. Kerja sama ini telah menghasilkan enam kali juara dunia MotoGP, lima triple crown, 59 posium tertinggi, 101 podium, dan 64 pole position," tulis Honda dalam keterangannya.(*)

Tags:

MotoGP Mandalika Moto3 Moto2 Marc Marquez Mario Aji