HPN 2024, Bupati Pacitan Ajak Jurnalis Bangun Narasi Kolaboratif

Jurnalis: Al Ahmadi
Editor: Mustopa

9 Februari 2024 15:02 9 Feb 2024 15:02

Thumbnail HPN 2024, Bupati Pacitan Ajak Jurnalis Bangun Narasi Kolaboratif Watermark Ketik
Bupati Pacitan, Indrata Nur Bayuaji saat mengikuti acara HSN 2024 di Halaman Balai Wartawan Pacitan. (Foto: Prokopim for Ketik.co.id)

KETIK, PACITAN – Dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) 2024, Bupati Pacitan, Indrata Nur Bayuaji, mengajak para jurnalis di wilayahnya untuk membangun narasi berita bernuansa kolaboratif.

Hal ini disampaikannya saat menghadiri acara peringatan HPN pada 9 Februari 2024 di Halaman Kantor Balai Wartawan jalan Dr. Soetomo no. 55 Kabupaten Pacitan, Jumat (9/2/2024).

Bupati Aji, sapaan akrabnya, mengatakan bahwa peran insan pers sangatlah penting dalam masyarakat. Masyarakat, OPD, dan lembaga pemerintah maupun non pemerintah membutuhkan informasi berita yang akurat, faktual, dan bukan hoax.

"Di era digital ini, banyak sekali informasi yang beredar, dan tidak semuanya benar. Oleh karena itu, peran jurnalis sangat penting untuk menyajikan berita yang akurat dan terpercaya," kata Bupati Aji kepada media online nasional Ketik.co.id.

Lebih lanjut, Bupati Aji berharap para jurnalis di Pacitan dapat berkolaborasi dengan pemerintah daerah, TNI, Polri, Kejaksaan, dan elemen organisasi masyarakat lainnya untuk mengawal kemajuan Kabupaten Pacitan.

"Saya harap teman-teman pers bisa berkolaborasi dengan pemerintah daerah, TNI, Polri, Kejaksaan, dan elemen organisasi masyarakat lainnya untuk mengawal kemajuan Kabupaten Pacitan agar bisa lebih maju," ujar Bupati Aji.

Sementara itu, Ketua FPPA Kabupaten Pacitan Agus Setyo Wibowo, menyampaikan terima kasih yang besar kepada para mitra dan lembaga atas dukungannya dalam kegiatan donor darah dan senam sehat pagi di seputar.

”Selain itu,Terima kasih kepada Edy Baskoro Yudhoyono ( EBY ), Bupati Pacitan beserta OPD, Polres, Kodim 0801, PT PLN Persero, Bank Jatim, serta seluruh elemen lembaga dan organisasi se Kabupaten Pacitan atas sumbangsih dan dukungannya terlaksananya kegiatan HPN ini,” jelas Agus.

Agus juga berharap kepada para pewarta di Kabupaten Pacitan untuk mengawal transisi kepemimpinan bangsa Indonesia agar lebih sejahtera.

"Oleh karenanya, peran wartawan sangatlah penting untuk mengawal dan menjaga stabilitas isu atau berita hoax dalam pemilu, apalagi kurang lima hari lagi sudah dilaksanakan pemilu,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui, dalam rangka memperingati HPN 2024 yang mengangkat tema 'Mengawal Transisi Kepemimpinan Nasional dan Menjaga Keutuhan Bangsa', Forum Pewarta Pacitan (FPPA) menggelar kegiatan donor darah, senam sehat, dan berbagi sedekah kepada tukang becak.

Acara diawali dengan donor darah yang diikuti oleh para jurnalis dan masyarakat umum. Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian insan pers Pacitan untuk membantu ketersediaan stok darah di Kabupaten Pacitan.

Selanjutnya, pihaknya mengadakan senam sehat di halaman Balai Wartawan. Ratusan doorprize menarik disediakan untuk memeriahkan acara ini dan meningkatkan partisipasi masyarakat.

Sebagai penutup, FPPA berbagi sedekah kepada para tukang becak di sekitar lokasi kegiatan. Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian sosial insan pers terhadap masyarakat yang membutuhkan.(*)

Tags:

HSN 2024 Bupati Pacitan pacitan Pers