HUT Kabupaten Pinrang, Pj Gubernur Ajak Masyarakat Sulsel Ukir Kembali Kejayaan Masa Silam

Jurnalis: Akbar AT
Editor: Muhammad Faizin

20 Februari 2024 15:36 20 Feb 2024 15:36

Thumbnail HUT Kabupaten Pinrang, Pj Gubernur Ajak Masyarakat Sulsel Ukir Kembali Kejayaan Masa Silam Watermark Ketik
H.Muhtadin, Ketua DPRD Pinrang saat membacakan sejarah singkat Kabupaten Pinrang pada HUT Ke-64.

KETIK, PINRANG – Pembacaan sejarah singkat Kabupaten Pinrang menjadi salah satu mata acara pada acara puncak Hari Ulang Tahun ( HUT) Kabupaten Pinrang yang Ke-64 Tahun 2024, yang bertempat di Indoor Kantor Bupati Pinrang, Senin (19/02). Sejarah singkat itu dibacakan oleh Ketua DPRD Kabupaten Pinrang, H.Muhtadin 

Kegiatan yang sederhana namun  berlangsung cukup meriah tersebut dihadiri langsung Pj.Gubernur Sulawesi Selatan, Dr.Bahtiar Baharuddin didampingi Penjabat Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sulawesi Selatan Sofha Marwah Bahtiar.

Dalam sambutannya, Pj Gubernur Sulawesi Selatan, Dr Bahtiar Baharuddin mengungkapkan, Sulawesi Selatan pernah menjadi pusat perdagangan dunia sekitar 400 tahun yang lalu. "Jadi kalau saat ini kita sedang mengupayakan kembali Sulawesi Selatan dan pantai-pantainya pusat perdagangan dunia sebenarnya itu adalah kita sedang berupaya mengembalikan kejayaan masa lalu daerah kita," ujar Bahtiar.

Untuk mencapai itu, Bahtiar mengajak masyarakat untuk berpikir out of the box. "Saat ini tidak boleh lagi Sulsel dikelola dengan cara-cara yang biasa. Sulsel ini harus dikelola dengan cara-cara yang luar biasa. Menggunakan ilmu pengetahuan, memahami konteks perdagangan dunia, memahami konteks perdagangan kawasan, mengerti/membangun konektivitas antar wilayah, memahami kekurangan dan kekuatan daerah dan membangun serta mengetahui cara mengelola daerah kita," papar Bahtiar. 

Data kependudukan Sulsel, sambung Bahtiar, penduduknya kurang lebih 9,4 juta jiwa, PDRBnya sekitar Rp 170 trilliun. "Berarti rata-rata pendapatan masyarakat Sulsel hari ini baru sekitar Rp 1,5 juta per orang. Kita ingin menjadi bagian dari “Indonesia Emas”, sedangkan untuk menjadi bagian dari “Indonesia Emas” pendapatan masyarakat harus rata-rata Rp 15 juta per orang atau lebih. Ini akan menjadi PR kita semua sebagai pemimpin menghadapi “Indonesia Emas” tahun 2045 mendatang," papar Bahtiar. 

Sementara itu, Bupati Pinrang, Irwan Hamid dalam sambutannya mengungkapkan bahwa, meskipun dihadapkan dengan kondisi anggaran yang terbatas akibat dari pandemi covid – 19, Pemerintah Kabupaten Pinrang terus melakukan langkah – langkah strategis untuk memastikan pembangunan terus berlanjut di Kabupaten Pinrang.

Berkat kerja keras, kolaborasi dan sinergitas, lanjut bupati Irwan, Pemkab Pinrang diganjar banyak penghargaan baik tingkat Provinsi Sulawesi Selatan maupun tingkat Nasional.
Olehnya itu, Bupati Irwan berharap, setiap layanan di Kabupaten Pinrang terus berbenah tanpa harus berorientasi pada penghargaan namun berorientasi pada kepuasan masyarakat akan layanan yang diberikan.

"Kami sampaikan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan atas bantuan keuangan kepada Pemerintah Kabupaten Pinrang sehingga beberapa wilayah yang dulunya terisolir saat ini telah dapat dijangkau oleh kendaraan roda 4" ujar Irwan. 

Pada kesempatan ini turut dilakukan penyerahan penghargaan bagi para Camat yang berhasil mengumpulkan PBB dengan persentasi tertinggi, Penyerahan beberapa bantuan secara simbolis serta penandatanganan prasasti proyek fisik yang dilaksanakan pada tahun 2023.

Hadir pada kesempatan ini, unsur Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Pinrang, unsur Forkopimda, Wakil Bupati Pinrang Drs.H.Alimin,M.Si, Sejumlah Kepala Dinas Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, Keluarga Addatuang Sawitto, Staf Ahli Bupati, Asisten, Kepala OPD dan undangan lainnya yang berasal dari OPD dan masyarakat Kabupaten Pinrang. (*) 

Tags:

HUT Pinrang Kabupaten Pinrang Muhtadin Ketua DPRD Pinrang Bupati Pinrang Irwan Hamid Pj Gubernur Sulawesi Selatan Bahtiar Baharuddin