HUT ke-23 Kota Batu, Pemkot Gelar Pasar Murah di Tiga Kecamatan

Jurnalis: Sholeh
Editor: Gumilang

24 Oktober 2024 10:50 24 Okt 2024 10:50

Thumbnail HUT ke-23 Kota Batu, Pemkot Gelar Pasar Murah di Tiga Kecamatan Watermark Ketik
Masyarakat mengikuti operasi pasar murah di Balai Desa Oro Oro Ombo Kecamatan/Kota Batu. (Foto: Sholeh/Ketik.co.id)

KETIK, BATU – Masyarakat menyambut antusias operasi pasar murah yang digelar Pemkot Batu dalam rangka HUT ke 23 Kota Batu. Pasar murah tersebut digelar bergantian di tiga kecamatan Kota Batu. Hal itu untuk memudahkan masyarakat untuk menjangkau operasi pasar tersebut.

Kepala Bidang Perdagangan Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Perdagangan (Diskumdag) Kota Batu, Nurbianto, menjelaskan pasar murah bertujuan membantu masyarakat untuk mendapatkan barang-barang kebutuhan pokok dengan harga yang lebih terjangkau.

“Kami gelar mulai tanggal 22 - 25 Oktober 2024. kemarin kita telah laksanakan di Desa Oro oro Ombo dan Kecamatan Batu. Hari ini di Kecamatan Bumiaji. Untuk besok di Desa Pendem Kecamatan Junrejo," katanya, Kamis 24 Oktober 2024.

Nurbianto menyebutkan, pihaknya bekerja sama dengan Bulog untuk menyediakan beras SPHP seharga Rp56.500 per 5 kg dalam operasi pasar tersebut.

Ada juga beras merk Centra Ramos dengan harga Rp68.500 per 5 kg serta Candi Mulya seharga Rp68.000 per 5 kg. Dimana kedua jenis beras tersebut berada di harga Rp70 ribu di pasaran.

Selain beras, lanjut Nurbianto, pihaknya juga menyediakan minyak goreng dengan harga Rp16.500 per liter. Harga itu lebih murah dari harga pasar yang mencapai Rp17.000 per liter.

"Kali ini memang belum bisa menyediakan produk lain seperti gula atau daging. Kami memprioritaskan beras dan minyak goreng, karena permintaan terbesar dari masyarakat," jelasnya.

Lebih lanjut, Nurbianto menyebutkan, dalam pasar murah di setiap desa tersebut disediakan sebanyak 150 kantong ukuran 5 Kg beras SPHP, beras Candi Mulyo sebanyak 20 kantong, beras Centra Ramos sebanyak 30 kantong, dan beras Melon sebanyak 10 kantong. Selain beras, tersedia juga minyak goreng merek Kita sebanyak 60 kantong. 

"Operasi pasar murah ini akan berlanjut jika ada permintaan dari masyarakat. Diharapkan kegiatan ini dapat menstabilkan harga kebutuhan pokok masyarakat," tegas Nurbianto.

Sementara, Muchammad Arifin warga punten kecamatan Bumiaji merasa terbantu adanya Operasi pasar tersebut. Karena kegiatan itu sangat membantu masyarakat. Terutama masyarakat yang memiliki pemghasilan kecil. 

"Meskipun selisih harganya sedikit, saya rasa sangat bermanfaat. Kalau kita belinya 5 kantong kan sudah 10 ribuan bedanya," ujarnya.

Arifin berharap, operasi pasar murah tidak hanya dilakukan saat ini saja. Tetapi bisa dilakukan bergilir setiap sebulan sekali. Dikatakannya, banyak warga yang menantikan operasi pasar karena harga yang di bawah pasar. 

"Operasi pasar ini sangat membantu kami orang orang kecil. Setidaknya kami bisa membeli kebutuhan yang lainnya," urai Arifin. (*)

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu Pasar Murah Operasi Pasar HUT ke 23 Kota Batu Pemkot Batu