HUT ke-79 TNI, Danrem 072/Pamungkas Yogyakarta Ingatkan Netralitas TNI Jelang Pilkada

Jurnalis: Abdul Aziz
Editor: Muhammad Faizin

5 Oktober 2024 14:34 5 Okt 2024 14:34

Thumbnail HUT ke-79 TNI, Danrem 072/Pamungkas Yogyakarta Ingatkan Netralitas TNI Jelang Pilkada Watermark Ketik
Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Zainul Bahar, SH. (Foto: Penrem 072/Ketik.co.id)

KETIK, YOGYAKARTA – Panglima TNI dalam amanatnya yang dibacakan oleh Komandan Korem (Danrem) 072/Pamungkas Yogyakarta, Brigjen TNI Zainul Bahar menyatakan peringatan HUT TNI tahun ini mengusung tema “TNI Modern Bersama Rakyat Siap Mengawal Suksesi Kepemimpinan Nasional Untuk Indonesia Maju”.

Tema tersebut mencerminkan cita-cita, semangat, dan tujuan TNI sebagai prajurit yang profesional, responsif, integratif, modern, serta adaptif dalam menjaga kelangsungan hidup bangsa dan negara.

Hal ini sekaligus menjadi wujud tekad dan komitmen TNI dalam mendukung percepatan pembangunan nasional di tengah dinamika lingkungan strategis global, regional, dan nasional.

Dalam kesempatan ini, Zainul mengungkapkan rasa hormat dan apresiasi kepada seluruh prajurit TNI atas dedikasi dan integritas yang telah ditunjukkan dalam menjalankan tugas. Berkat kerja keras ini, TNI terus mendapat kepercayaan dan tempat di hati rakyat.

"Namun kita jangan lengah atau merasa puas. Masih banyak hal yang perlu dibenahi agar TNI terus menjadi penjaga utama kedaulatan negara serta pelindung bangsa dan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dari berbagai ancaman," ucap Zainul. 

 

Foto Dalam konteks Pilkada serentak, Danrem 072/Pamungkas mengingatkan pentingnya menjaga netralitas TNI. Termasuk dalam penggunaan media sosial. (Foto: Penrem 072/Ketik.co.id)Dalam konteks Pilkada serentak, Danrem 072/Pamungkas mengingatkan pentingnya menjaga netralitas TNI. Termasuk dalam penggunaan media sosial. (Foto: Penrem 072/Ketik.co.id)



Hal tersebut ia sampaikan saat memimpin upacara Peringatan HUT ke-79 Tentara Nasional Indonesia (TNI) Tahun 2024 di lapangan upacara Makorem 072/Pamungkas, Jalan Reksobayan No. 4, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta. Sabtu, 5 Oktober 2024.

Hadir dalam acara tersebut para Kasi Korem 072/Pamungkas, Dan/Ka Satdisjan jajaran Korem 072/Pamungkas serta seluruh prajurit dan PNS Makorem 072/Pamungkas.

Zainul juga menegaskan kepada seluruh prajurit untuk memperkokoh iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, memperkuat soliditas TNI, serta menjaga kemanunggalan TNI dengan rakyat. Prajurit juga diharapkan meningkatkan kewaspadaan, profesionalisme, dan kualitas sumber daya manusia dalam menghadapi tantangan tugas yang semakin kompleks.

Sedangkan dalam konteks Pilkada serentak, Zainul mengingatkan pentingnya menjaga netralitas TNI. Termasuk dalam penggunaan media sosial. Ia juga menekankan pentingnya membangun koordinasi dengan pemerintah daerah dalam penanggulangan bencana serta membantu rakyat di daerah tugas.

"Tugas harus dijalankan dengan ikhlas, menghindari pelanggaran hukum, dan senantiasa berorientasi pada kepentingan rakyat, bangsa, dan negara," pungkas Zainul. (*) 

Tombol Google News

Tags:

Upacara HUT ke-79 TNI Peringatan HUT TNI Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Zainul Bahar TNI Korem 072/Pamungkas Yogyakarta Gelaran Pilkada 2024 Netralitas TNI