Imbas Karhutla, Asap dan Serbuk Ancam Kesehatan Jutaan Warga Sumsel

Jurnalis: Bubun Kurniadi
Editor: Muhammad Faizin

15 September 2023 11:32 15 Sep 2023 11:32

Thumbnail Imbas Karhutla, Asap dan Serbuk  Ancam Kesehatan Jutaan Warga Sumsel Watermark Ketik
Tim Manggala Agni saat berjibaku memadamkan karhutla di wilayah Kabupaten Banyuasin. (Dok Tim Manggala Agni)

KETIK, PALEMBANG – Kondisi kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan, membuat Jalan Palembang-Indralaya pada Jumat (15/9/2023) tertutup asap tebal.

Bahkan tak hanya asap, serbuk bekas lahan terbakar juga beterbangan masuk ke kota Palembang dan sekitarnya. 

Dikatakan, Ferdian Krisnanto, Kepala Kantor BPPI KHL wilayah Sumatera Selatan, saat ini tim Manggala Agni bersama Satgas Karhutla, masih berupaya memadamkan api yang tengah berkobar membakar lahan di wilayah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) dan Ogan Ilir. 

"Kondisi asap di Palembang diprediksi memang dari arah OKI. Kita sedang penanganan karhutla di wilayah Kayu Agung, Pedamaran, Pangkalan Lampam dan wilayah Kabupaten Ogan Ilir. Pemadaman dilakukan pada wilayah Pemulutan Indralaya yang masih ditangani," ungkap Ferdian saat dihubungi lewat WhatsApp.

Selain, itu Ferdian juga menyampaikan jika wilayah Kabupaten Banyuasin terdapat satu lokasi kebakaran hutan dan lahan. Yakni yang berada di wilayah Sungai Rengit, Kecamatan Talang Kelapa. Petugas Manggala Agni juga tengah memadamkannya.

Sedangkan untuk kondisi ruas Jalan Palembang-Indralaya, yang tertutup sebagian asap, telah di upayakan Tim Satgas Karhutla berkoordinasi dengan pihak Polres Ogan Ilir dalam penanganan lalu lintas kendaraan. 

"Kami berharap banyak, masyarakat untuk stop penggunaan api yang tidak bijaksana karena kondisi lapangan sangat rawan," imbaunya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Karhutla bencana kabut asap kebakaran hutan dan lahan Ogan Komering ilir Ogan Ilir Manggala Agni banyuasin Palembang