Indonesia Takluk 0-4 dari Australia, Erick Thohir: Semua Sudah Berjuang dan Berikan yang Terbaik

Jurnalis: Nata Yulian
Editor: M. Rifat

28 Januari 2024 15:20 28 Jan 2024 15:20

Thumbnail Indonesia Takluk 0-4 dari Australia, Erick Thohir: Semua Sudah Berjuang dan Berikan yang Terbaik Watermark Ketik
Yacob Sayuri dan Asnawi Mangkualam di laga kontra Australia pada babak 16 besar Piala Asia 2023 Qatar (28/1/2024). (Foto: AFC.com)

KETIK, JAKARTA – Timnas Indonesia kini benar-benar pulang dari Qatar. Itu setelah tim asuhan Shin Tae-yong kalah dari Australia pada babak 16 besar Piala Asia 2023. Tim Garuda menyerah 0-4 di Stadion Jassim Bin Hamad, Doha, Minggu malam (28/1/2024).

Sempat terus menyerang di awal babak pertama, Indonesia dikejutkan dengan gol cepat Australia pada menit ke-11. Saat itu tendangan umpan silang gelandang Australia Jackson Irvine menyentuh kaki pemain belakang Indonesia Elkan Baggot.

Bola itu berubah arah dan masuk ke gawang Indonesia tanpa mampu diantisipasi kiper meraih putih Ernando Ari. Martin Boyle kemudian memperbesar keunggulan Soccerroos jelang rehat pada menit ke-44.

Sundulan manisnya dengan menjatuhkan diri untuk menjemput bola di mulut gawang Indonesia berbuah gol kedua. Bek Indonesia Asnawi Mangkualam gagal mengantisipasi pergerakan Boyle di momen tersebut.

Australia makin memperbesar kemenangan di ujung laga. Kontribusi Craig Goodwin dan Harry Souttar berbuah gol ketiga dan keempat negara yang memilik ranking 25 FIFA tersebut. Masing-masing gol itu terjadi pada menit ke-88 dan ke-92.

Foto Gelandang Indonesia Justin Hubner membayangi gelandang Australia Keanu Baccus (28/1/2024) (Foto: AFC.com)Gelandang Indonesia Justin Hubner membayangi gelandang Australia Keanu Baccus (28/1/2024) (Foto: AFC.com)

Meski demikian, walau secara peringkat FIFA kalah jauh, Tim Garuda yang kini ranking 142 FIFA di laga ini tampak berani melawan dan mendominasi bola. Terutama pada awal-awal babak pertama.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengapresiasi perjuangan timnas Indonesia. "Semua sudah berjuang dan memberikan yang terbaik untuk Indonesia. Semangat luar biasa, tampil lepas, dan bermain tanpa rasa takut. Tetap semangat!," cuit Erick Thohir usai laga tersebut di X, dulu Twitter.

Hasil ini membuat Australia melaju ke babak perempat final. Mereka akan menanti pemenang dari laga antara Arab Saudi melawan Korea Selatan. (*)

Tags:

Indonesia Australia Timnas Piala Asia 2023 qatar shin tae-yong 16 besar
04. Home Sidebar 1
06. Home Sidebar 3 21. Home Sidebar 4 04. Home Sidebar 1